News Flash Education
Home Berita VIRTUAL FIELD TRIP TO FAUNA LAND TK YASPORBI I PANCORAN ; SALAH SATU CARA BELAJAR TERINTEGRASI.

VIRTUAL FIELD TRIP TO FAUNA LAND TK YASPORBI I PANCORAN ; SALAH SATU CARA BELAJAR TERINTEGRASI.

November 27, 2021 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I, Senin, 22 November 2021 setelah proses Belajar Tatap Muka Terbatas selesai, siswa siswi TK Yasporbi I Pancoran bersiap melakukan kegiatan field trip virtual dengan mengunjungi Fauna Land yang terletak di dalam area Taman Impian Jaya Ancol. Tidak lupa siswa siswi serta guru memakai kaos field trip yang sama agar “vibe” field trip tetap terasa meski dilakukan secara virtual, karena butuh strategi khusus untuk mempertahankan mood siswa siswi Taman Kanak – Kanak dalam kegiatan pembelajaran online ini.

Beberapa guru sudah bersiap di Fauna Land untuk “live” langsung mulai berangkat dari sekolah, diperjalanan, masuk Taman Impian Jaya Ancol hingga masuk ke area Fauna Land sehingga para siswa merasakan perjalanan tersebut seperti field trip factual. Setelah itu, beberapa guide dari pihak Fauna Land mulai menjelaskan macam – macam binatang, jenis binatang hingga cara memberi makannya. Cara guide menjelaskan pun sangat menarik untuk usia anak – anak TK.

Field trip ke Fauna Land kali ini masih berhubungan dengan tema pembelajaran di kelas yaitu tema mengenai hewan. Selain para siswa belajar jenis hewan seperti hewan pemakan rumput, hewan pemakan daging dan hewan pemakan segalanya, siswa siswi juga mempelajari hewan peliharan dan menunjukan hewan peliharaan mereka. Sehingga dalam mempelajari tema tentang hewan, para siswa mendapat pengetahuan secara terintegrasi dan memiliki pengalaman belajar yang tetap menyenangkan meski secara online.

Tidak lupa pula, kami melakukan survey sekala kecil kepada beberapa orang tua mengenai kegiatan field trip ke Fauna Land kali ini yaitu dengan menanyakan langsung bagaimana kesan anak dan orang tua melalui aplikasi whatsapp. Ada Sebagian orang tua mengatakan siswa siswi tertarik saat melihat hewan – hewan tersebut diberi makan bahkan ada juga orang tua yang mengatakan bahwa anak ingin segera mendatangi Fauna Land secara langsung di lain hari bersama keluarga. Hal ini menjadi masukan bagi kami untuk melaksanakan field trip lebih menarik lagi dan semoga pada kegiatan field trip selanjutnya, para siswa sudah bisa hadir langsung di lokasi. (Penulis : Dieni Savitri)

You may also like

Leave a Comment