News Flash Education
Home Berita VAKSINASI COVID 19 USIA 6 – 11 TAHUN DOSIS KE-2 SD YASPORBI III PASAR MINGGU

VAKSINASI COVID 19 USIA 6 – 11 TAHUN DOSIS KE-2 SD YASPORBI III PASAR MINGGU

January 27, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi III, Secara umum sistem kekebalan tubuh akan terbentuk secara alami ketika seseorang terinfeksi virus maupun bakteri. Pada virus jenis Corona ini memiliki efek kematian dan penularan yang tinggi serta mengkhawatirkan sehingga harus dilakukan alternatif cara lain agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Vaksinasi adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh.

Proses vaksinasi pada tingkat sekolah di mulai dengan pemberian vaksin untuk usia di atas 12 tahun kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi usia 6 – 12 tahun. SD Yasporbi III memiliki siswa dengan usia yang beragam dan sebagian besar berusia di bawah 12 tahun. Vaksinasi anak usia 6-11 tahun bertujuan untuk meningkatkan kekebalan dari COVID-19 atau untuk herd immunity bagi anak-anak. Penyuntikan vaksin kepada anak usia 6-11 tahun dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari dengan jenis vaksin Sinovac yang telah diuji secara klinis dan aman untuk di gunakan. Sebelum pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi. Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan di peroleh kekebalan yang optimal

Dalam rangka menyukseskan progam vaksinasi tersebut, SD Yasporbi III Pasar Minggu bekerja sama dengan Puskesmas kelurahan setempat untuk dapat memfasilitasi peserta didik dalam menerima vaksin usia 6 – 11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi dosis 1 dilakukan selama 2 tahap pada tanggal 23 – 24 Desember 2021 dan dilanjutkan untuk dosis ke 2 pada tanggal 21 Januari 2022.

Partisipasi dan keterlibatan wali murid pada kegiatan vaksinasi Covid 19 ini bukan hanya berupa dukungan moril tetapi juga dukungan tenaga dokter ahli yang membantu proses vaksinasi tersebut.

Jumlah peserta vaksin yang melebihi 250 peserta juga di antisipasi oleh SD Yasporbi III dengan menghadirkan tenaga medis selain dari wali murid juga dari pihak eksternal seperti ACT (Aksi Cepat Tanggap). Dengan adanya tambahan tenaga medis, maka diharapkan tidak terjadi penumpukan dan kerumunan pada saat vaksinasi berlangsung.

Adapun prosedur pelaksanaan vaksinasi anak mengacu pada standar yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01/07/MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 6 Sampai Dengan 11 Tahun. (Penulis: Nurisah)

You may also like

Leave a Comment