News Flash Education
Home Article UNTUK APA ANAK BISA MENGGUNTING?

UNTUK APA ANAK BISA MENGGUNTING?

January 27, 2022 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi III, Terkait dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini, kegiatan menggunting merupakan kegiatan pada lingkup perkembangan motorik halus. Pada usia 5-6 tahun, anak usia dini sudah dibiasakan menggunting sesuai pola. Adapun pada usia 4-5 tahun maka anak usia dini dikenalkan untuk menggunting bebas. Kegiatan menggunting merupakan kegiatan motorik halus. Motorik halus merupakan koordinasi otak terhadap bagian kecil dari tubuh atau anggota tangan, kaki dan sebagainya.

Contoh kegiatan motorik halus selain kegiatan menggunting yaitu meronce dan menjahit. Kegiatan menggunting juga dapat membantu perkembangan ketrampilan tangan dan persiapan awal keterampilan menulis. Untuk itulah, kegiatan menggunting merupakan hal yang penting bagi anak usia dini. Adapun manfaat lain kegiatan menggunting yaitu :

1) mengembangkan kekuatan otot jari dan tangan,

2) mengembangkan sensori motor,

3) meningkatkan kepercayaan diri anak usia dini,

4) meningkatkan kemampuan untuk bersabar,

5) meningkatkan ketelitian, kreatifitas,

6) Mengenal berbagai macam bentuk seperti bentuk simetris, asimetris, garis lurus dan lengkung.

  Hal paling utama yang harus diperhatikan saat kegiatan menggunting yaitu pengawasan karena gunting termasuk benda tajam. Adapun untuk keamanan, pemilihan gunting harus disesuaikan dengan tikgkat keamanan bagi anak. (Penulis: Tim Sosial Media TK Yasporbi III)

You may also like

Leave a Comment