Home Berita “TEMAN KONSULTASI” SEBAGAI PEMBIMBING PSIKIS SISWA DI SMP YASPORBI II

“TEMAN KONSULTASI” SEBAGAI PEMBIMBING PSIKIS SISWA DI SMP YASPORBI II

July 28, 2020 0 comment

Jakarta, SMP Yasporbi II, Pada jenjang pendidikan SMP, siswa berada di tahap perkembangan remaja, yakni tahap di mana mereka mengalami kebutuhan untuk mencari jati diri. Proses pencarian jati diri ini dapat menimbulkan berbagai masalah, baik dalam ranah akademik maupun non-akademik. Masalah yang muncul dapat berhubungan dengan keluarga, pertemanan, maupun dengan pemenuhan tanggung jawab di sekolah. Apabila tidak diberi arahan dengan baik, maka masalah siswa dapat menjadi semakin buruk dan juga dapat berdampak pada performa akademik siswa. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk dapat menceritakan masalah-masalah yang mereka hadapi dan mendiskusikan solusi yang tepat bagi mereka.

Salah satu tempat bercerita yang baik untuk siswa adalah Kakak “Teman Konsultasi” yang saat ini sedang menyediakan fasilitas konsultasi siswa di SMP Yasporbi II. Kakak “Teman Konsultasi” bernama Nurul Aulia Primandhita dan biasa dipanggil Kak Aya. Kakak “Teman Konsultasi” sendiri adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang saat ini sedang magang di SMP Yasporbi II. Kakak “Teman Konsultasi” sendiri adalah lulusan terbaik dari SMP Yasporbi II angkatan 2014.

Pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Kakak “Teman Konsultasi” menyediakan fasilitas konsultasi secara online bagi siswa, baik melalui fitur chat dari aplikasi pesan instan maupun video call. Jika merasa malu untuk berkonsultasi sendiri, siswa juga dapat melakukan konsultasi dengan temannya. Selain itu, konsultasi juga dapat dilakukan di kelas setelah pemberian materi oleh Kakak “Teman Konsultasi” di kelas Bimbingan dan Konseling.

Saat sesi konsultasi, siswa dapat mengkonsultasikan mengenai berbagai masalah yang dialaminya, baik masalah pribadi maupun masalah akademik. Melalui sesi konsultasi, siswa tidak hanya dapat merasa lega, tetapi juga dapat dibantu memahami masalah yang sedang dialami dan apa tindak lanjut dari masalah tersebut.

Sejauh ini, sudah ada banyak siswa yang menggunakan fasilitas konsultasi yang disediakan oleh SMP Yasporbi II, baik melalui fitur chat maupun video call. Terdapat beragam jenis masalah yang dikonsultasikan oleh siswa. Salah satu siswa baru menceritakan masalahnya mengenai cara menyesuaikan diri dengan teman sekelas secara online. Ia merasa kesulitan sebab merasa malu dan segan-segan untuk berinteraksi dengan temannya secara online. Kakak “Teman Konsultasi” pun mengatakan kepada siswa tersebut bahwa rasa malu adalah hal yang wajar, tetapi ia tidak perlu ragu untuk mencoba mengontak temannya karena ia tidak akan tahu bagaimana respon temannya jika tidak mencoba.

Selain itu, terdapat pula siswa yang menanyakan bagaimana cara menghadapi cyberbullying, mengingat cyberbullying menjadi kasus yang marak terjadi di berbagai sekolah khususnya sejak media sosial menjadi media utama yang digunakan dalam interaksi antarsiswa dan pembelajaran. Cyberbullying sendiri merupakan masalah yang perlu diperhatikan, sebab masalah tersebut  dapat berdampak negatif terhadap performa akademik siswa. Kakak “Teman Konsultasi” mengatakan kepada siswa bahwa apabila memungkinkan, korban cyberbullying bisa mengkomunikasikan kepada pelaku mengenai apa yang ia rasakan serta apakah ada masalah tertentu yang perlu diselesaikan.  Jika tidak memungkinkan, maka siswa dapat mencoba untuk berfokus saja pada akademiknya atau pada teman-teman yang bersikap baik kepadanya. Siswa juga dapat berkonsultasi lebih lanjut untuk dibantu mengatasi dampak dari cyberbullying yang dialami.

Selain kedua siswa tersebut, terdapat pula siswa yang menanyakan tentang masalah kehilangan motivasi selama PJJ. Siswa tersebut mengatakan bahwa masalah kehilangan motivasi ini disebabkan oleh suasana rumah yang terasa lebih nyaman untuk bersantai daripada belajar. Oleh karena itu, Kakak “Teman Konsultasi” menyarankan siswa untuk membuat tempat khusus untuk belajar yang terpisah dari kamar dengan suasana yang diatur agar dapat mendukung pembelajaran, seperti terdapat meja, buku, dan alat belajar lainnya.

Bagaimana pendapat siswa tentang konsultasi?

“Dari yang aku dapat dari semua jawaban Kak Aya tentang yang aku tanyain, menurut aku itu sudahmembantu aku dan sangat berfaedah buat aku, karena  aku mendengarkan penjelasan dari Kak Aya aku juga jadi bisa banyak belajar.” – Chaca

“Yang aku dapet dari jawaban Kak Aya sangat berfaedah. Contohnya, aku kemarin bertanya tentang gak ada motivasi belajar selama PJJ, lalu aku banyak belajar dari jawaban Kak Aya.” – Fairuz

SK

You may also like

Leave a Comment