News Flash Education
Home Berita TAHUN 2022 : 46% LULUSAN SMA YASPORBI DITERIMA PTN

TAHUN 2022 : 46% LULUSAN SMA YASPORBI DITERIMA PTN

September 3, 2022 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Tahun Pelajaran 2021/2022 SMA Yasporbi ditutup dengan hasil yang cukup menggembirakan. Upaya yang sungguh-sungguh dari semua unsur menghantarkan 46% siswa lulusan SMA Yasporbi terima PTN.  26 siswa SMA Yasporbi dari 57 siswa yang lulus Tahun Pelajaran 2021/2022 tersebar dibeberapa Perguruan Tinggi terkemuka tanah air,  sebut saja Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung dan lain sebagainya. Keberhasilan siswa siswi SMA Yasporbi bukanlah sebuah kebetulan melainkan proses panjang dari penyusunan program sekolah yang didukung oleh manajemen serta Yayasan Yasporbi yang ingin memberikan upaya optimal dalam suksesi PTN Tahun 2022.

Daftar siswa diterima PTN Tahun 2022

Beberapa jalur yang ditempuh oleh siswa SMA Yasporbi dalam proses seleksi masuk PTN diantaranya jalur raport yang dinamakan SNMPTN, jalur seleksi SBMPTN melalui UTBK, dan jalur seleksi mandiri yang di laksanakan oleh masing masing Perguruan Tinggi. Dari semua jalur yang tersedia memang memliki tantangan tersendiri, seperti halnya SNMPTN dimana siswa berbekal dengan nilai raport semester 1 sampai semester 5 serta didukung dengan portofolio yang dimiliki, dimana sekolah dan siswa harus sinergi untuk membantu suksesi seleksi tersebut, upaya sekolah dengan cara memberikan gambaran keketatan prodi dalam PTN tersebut sebagai bagian dari pertimbangan siswa, serta memberikan konsultasi dalam pemilihan jurusan sesuai dengan bakat yang mereka punya. Jalur SBMPTN juga memilki tantangan tersendiri karena bentuk seleksi tersebut dilakukan dengan cara test yang dinamakan UTBK, dimana siswa terlebih dahulu mendaftar dan selanjutnya mengikuti seleksi, Jalur SBMPTN selain harus mengetahui keketatan prodi dan PTN, juga harus memaksimalkan upayanya agar mendapatkan nilai yang tinggi, karena nilai inilah salah satu kunci keberhasilan untuk lolos seleksi.

Jalur mandiri, merupakan jalur yang dilakukan atau dilaksanakan oleh PTN, dengan penentuan kriteria yang berbeda antara masing masing PTN, baik kriteria atau penamaan seleksinya pun berbeda, misal Universitas Indonesia menamakan seleksi dengan SIMAK UI, Universitas Gajah Mada dengan sebutan UTUL UGM. Bentuk seleksi mandiripun berbeda beda ada yang mempersyaratkan nilai UTBK dan test, ada pula yang hanya dilakukan dengan test, bahkan beberapa PTN membuka jalur mandiri dengan cukup melampirkan nilai raport.

Semua jalur memiliki peluang dan tantangannya, SMA Yasporbi sangat memahami hal itu, maka strategi sekolah dengan berbagai program disiapkan, salah satunya adalah untuk suskses dipelaksanakan UTBK SBMPTN Sekolah sejak awal sudah melakukan penguatan materi UTBK kepada siswa dan bahkan menggandeng pihak eksternal dalam hal ini Lembaga Bimbingan Belajar terkemuka. Ini semata mata karena kami ingin menghantarkan siswa sesuai dengan harapan dan cita cita mereka untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang mereka impikan selama ini.

Keberhasilan ini menjadi semangat SMA Yasporbi untuk terus bekerja keras agar tahun-tahun mendatang akan lebih banyak yang diterima PTN. Selain yang diterima PTN siswa SMA Yasporbi juga melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi swasta terkemuka yang tentu memiliki tingkat seleksi yang cukup ketat, dan sekolah tetap mendukung apapun pilhan siswa dalam melanjutkan studi mereka, sekolah ingin terus menjadi bagian dari sejarah mereka dalam meraih kesuksesan dimasa yang akan datang. (Penulis: Robi Kurniawan)

You may also like

Leave a Comment