News Flash Education
Home Berita SIMULASI DAN GLADI BERSIH ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMA YASPORBI

SIMULASI DAN GLADI BERSIH ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMA YASPORBI

September 15, 2021 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan yang berbasis komputer. Sebagai langkah-langkah persiapan pelaksanaan ANBK Kemdikbud mempersiapkan tahapan yang perlu dilakukan oleh satuan pendidikan salah diantaranya adalah simulasi dan gladi bersih ANBK 2021.

Simulasi ANBK yaitu semacam metode pelatihan bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan ANBK 2021, yang bertujuan untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK yang diantaranya berupa soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, survei lingkungan belajar. Disamping itu simulasi ANBK bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik cara menggunakan perangkat komputer agar saat pelaksanaannya peserta didik dapat melaksanakan dengan lancar dan sukses.

Pelaksanaan ANBK di Laboratorium Komputer SMA Yasporbi

Pelaksanaan simulasi ANBK 2021 sesuai dengan surat edaran dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, terbagi menjadi dua periode. Periode pertama diselenggarakan sejak pekan kemarin yakni pada 23-26 Agustus 2021. Sedangkan periode kedua pada 30 Agustus-2 September 2021. Teknis pelaksanaan simulasi ANBK 2021 hanya untuk Satuan Pendidikan yang berstatus mandiri dan mandiri yang ditumpangi dengan moda Daring atau semi Daring.

SMA Yasporbi dengan perangkat yang telah sesuai dengan standar pelaksanaan ANBK maka dikategorikan sebagai satuan pendidikan dengan berstatus mandiri, artinya mampu melaksanakan disekolah dengan segala perangkat komputer yang dimiliki tanpa ikut serta disatuan pendidikan lainnya.  SMA Yasporbi menyelenggarakan simulasi dengan mengambil period ke-2 yaitu tanggal 31 Agustus 2021. 

Setelah sukses menyelenggrakan simulasi ANBK 2021, sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan oleh Kemdikbud SMA Yasporbi selanjutnya melakukan gladi bersih ANBK 2021 pada tanggal 10-11 September 2021, gladi bersih bertujuan untuk memastikan seluruh kesiapan satuan pendidikan baik tempat, alat komputer, jaringan internet, kesiapan siswa dan yang utama adalah penerapan penegakan protokol kesehataan saat pelaksanaan ANBK berlangsung karena pelaksanaan ANBK akan dilakukan oleh siswa. Semua persyaratan telah dilengkapi, pengecekan alat telah dilakukan oleh teknisi komputer dan penanggung jawab pelaksanaan ANBK yang disebut proktor telah memahami alur pelaksanaan ANBK 2021.

Simulasi ANBK tahap 1 yang dilakukan oleh siswa dan guru SMA Yasporbi

“Karena kami tahu bahwa penyelenggraan ANBK 2021 saat dimasa pandemi, maka tidak hanya kesiapan perangkat saja melainkan persiapan mental siswa dan standar penerapan protokol kesehatanpun telah kami persiapkan dengan baik dan akan kami terapkan dengan ketat saat pelaksanaan, kami punya moto sukses penyelenggraan dan sukses hasil” ungkap Kepala SMA Yasporbi, Ir. Maman Darusman yang mengawal mulai dari proses simulasi sampai gladi bersih ANBK, saat memantau pelaksanaan beliau menyampaikan bahwa SMA Yasporbi secara terstruktur telah siap menyelenggrakan ANBK.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak hanya diikuti oleh peserta didik, tetapi juga guru. Peserta didik akan mengerjakan soal literasi dan numerasi, serta survei karakter dan lingkungan belajar. Sedangkan guru secara khusus mengerjakan survei lingkungan belajar. Dengan keterlibatan peserta didik, guru dalam pelaksanaan ANBK diharapkan gambaran mutu dan kualitas pendidikan di SMA Yasporbi dapat diketahui secara akurat. (Penulis: Tim media sosial SMA Yasporbi)

You may also like

Leave a Comment