News Flash Education
Home Berita SERUNYA BERKREATIFITAS DARI BARANG BEKAS

SERUNYA BERKREATIFITAS DARI BARANG BEKAS

July 29, 2021 0 comment

Jakarta, SMP Yasporbi II, Tidak terasa sudah masuk sekolah tahun ajaran baru, dapat teman baru, kakak kelas dan juga guru baru. Pada Tahun ajaran kali ini, semua siswa merasa yakin pastinya akan seru dan menyenangkan, walaupun tetap ada rasa canggung dan malu sebab pengalaman bertemu dengan teman baru tentunya sedikit menegangkan. Pengalaman, kreativitas, pencapaian baru untuk mengenal teman-teman dan jenjang Pendidikan SMP secara virtual dimasa pandemi pastinya akan sangat berbeda. Salah satunya cerita yang datang dari aktivitas yang menyenangkan saat MPLS di SMP YASPORBI II, yaitu berkreasi dari barang bekas. Pada aktivitas ini siswa dapat menumpahkan imajinasi dan kreatifitasnya melalui barang bekas. Siswa diminta untuk mempersiapakan barang bekas dan alat untuk berkreasi bersama.

Barang bekas yang dipersiapkan untuk  diolah siswa adalah kaleng atau botol plastik bekas. Bahan pelengkapnya ada cat, kertas origami, gunting/cutter dan lem tapi bisa disesuaikan dengan kreatifitas dan keinginan masing-masing. Pada hari kegiatan, siswa diberi arahan oleh kakak kelas OSIS, namanya Kak Tsabita dari kelas 9.

Setelah arahan kegiatan pun dimulai oleh masing-masing siswa dengan tetap berinteraksi melalui zoom meeting. Siswa  bebas berkreasi dengan bahan tersebut dan diberi waktu untuk mengerjakan sekitar 1 jam. Siswa merasakan bahwa Ternyata dengan  mengubah barang bekas menjadi barang yang dapat berguna adalah suatu hal yang sangat menyenangkan.

Salah seorang siswa membuat pot bunga dari botol plastik bekas. Diawali dengan memotong bagian atas botol, kemudian mengecat botol dengan warna yang disukai dan terakhir menghiasnya dengan memberi gambar bunga-bunga pada botol. Menurutnya berkreasi dengan barang bekas tidaklah sulit dan cukup menggunakan barang-barang dan alat yang ada di rumah. Siswa tersebut sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat menghasilkan barang baru yang bagus dan bermanfaat dari barang bekas yang hampir menjadi sampah. Setelah semua selesai mengerjakan, seluruh diminta menunjukkan hasil karya masing-masing. Semua hasil kreasi teman-teman bagus dan siswa sendiripun  kagum  dengan semua hasil karya mereka dan teman temannya.

Beberapa karya kreatifitas yang ditunjukkan seperti celengan dengan bentuk lucu, tempat menyimpan alat tulis, pot bunga, dan pohon hiasan meja. Mari kita teruskan berkreasi dengan barang bekas yang ada di rumah seperti barang-barang dari plastic sehingga dapat mengurangi sampah plastik yang berbahaya bagi bumi. Terima kasih teman-teman, semoga tulisan ini dapat menginspirasi teman-teman untuk terus berkarya. (Penulis: Rasyifa Ardhitaputri Rochsetyanti, SMP Yasporbi II)

You may also like

Leave a Comment