News Flash Education
Home Berita SELF SECURE IN PUBLIC PLACES (PROTOKOL KESEHATAN BAGI ANAK BALITA)

SELF SECURE IN PUBLIC PLACES (PROTOKOL KESEHATAN BAGI ANAK BALITA)

September 6, 2020 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I, Protokol Kesehatan menjadi salah satu aspek yang sangat diperhatikan belakangan ini, karena protokol kesehatan dirancang untuk menekan angka korban virus corona dalam masa saat ini. Protokol Kesehatan sudah seharusnya sudah dipahami oleh masyarakat dan ditaati, sehingga dapat mencegah penyebaran virus covid-19 selama masa pandemic.

Namun edukasi mengenai protokol kesehatan masih belum efektif kepada seluruh kalangan, terlebih kepada anak-anak balita dibawah 6 tahun. Pada umurnya anak-anak balita sedang sedang belajar untuk mengenal sesuatu dengan inderanya, memegang, mencium, dan sebagainya. Hal tersebut menjadi salah satu risiko pada saat mereka sedang beraktifitas diluar rumah sehingga harus dibutuhkan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan dalam masa pandemi pada mereka. Hal ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh orang tua yang memiliki anak balita agar selalu mendampingi anaknya selama masa pandemi.

Penjelasan protokol saat keluar rumah
(Sumber: Fauzana Admi)

Hal tersebut menjadi konsen TK Yasporbi I untuk mengedukasi para murid-murid untuk melakukan protokol kesehatan saat harus keluar yang bisa disiapkan sendiri di rumah. Pembelajaran Self Secure in Public Places adalah salah satu kegiatan pembelajaran yang dilakukan di TK Yasporbi I kelas TK B (Butterfly Class) dalam memperkenalkan protokol kesehatan Covid-19.  

Anak diperkenalkan kepada kegiatan-kegiatan pencegahan penularan Covid-19 diantara nya: 

  • Kegiatan mencuci tangan dengan 6 step.
  • Membuat masker mulut sendiri
  • Hal-hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah keluar rumah.
  • Protokol kesehatan saat diluar rumah; cara bersin, cara batuk, jaga jarak.

Para murid TK Yaspsorbi I membuat video dan mengirimkan foto mereka saat menjelaskan pemahaman mereka akan protokol kesehatan Covid-19 dan mempraktekkan beberapa kegiatan dari protokol ini. Kegiatan ini dilakukan selain untuk memperkenalkan, juga untuk membiasakan anak-anak dengan kegiatan-kegiatan pencegahan penularan saat mereka perlu untuk keluar rumah. Kegiatan ini juga dapat melatih rasa percaya diri mereka saat berbicara di depan umum dengan adanya video penjelasan yang mereka ucapkan sendiri. Dengan adanya kegiatan pembelajaran ini TK Yasporbi I ikut serta mendukung pemerintah untuk menekan angka penularan Covid-19. (FA)

You may also like

Leave a Comment