Home Berita “Ramadan berkah dirumah aja” bersama SD Yasporbi I (Pesantren Ramadan)

“Ramadan berkah dirumah aja” bersama SD Yasporbi I (Pesantren Ramadan)

May 15, 2020 0 comment

Jakarta, SD Yaporbi I. SD Yasporbi I menggelar kegiatan Pesantren Ramadan yang telah berlangsung dari hari senin (11/5) hingga hari jumat (15/5). Dengan mengusung tema besar “Ramadan Berkah dirumah Aja” kegiatan pesantren Ramadan tahun ini menjadi suatu yang berbeda dari tahun sebelumnya karena dilaksanakan melalui daring online. Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan pada pesantren Ramadan tahun ini dalah: Kultum, Tadarus al-quran,  Materi Agama, hingga perlombaan.

Dihari pertama pelaksanaan pesantren Ramadan dibuka dengan kultum oleh Mr. Rohim melalui live instagram dari akun SD Yasporbi I. Dilanjutkan dengan kegiatan tadarus al-quran dan shalat dhuha dari masing-masing rumah. Pada Jam 9 dilanjutkan dengan kegiatan belajar Tahsin al-quran yang dipimpin oleh guru agama masing-masing level kelas. Materi Agama yang disampaikan berbeda setiap harinya yakni : Al-quran, akhlak, dan fiqih. Kegiatan ini berlangsung secara berulang disetiap harinya hingga hari jumat.

Kegiatan perlombaan dimulai pada hari kamis dengan lomba yang berbeda disetiap levelnya. Untuk kelas 1 dan 2 adalah lomba hafalan surat pendek, kemudian kelas 3 dan 4 adalah lomba poster yang berkaitan dengan Ramadan, dan kelas 5 dan 6 lomba kaligrafi. Semua perlombaan dinilai dikumpulkan melalui email kelas atau email kelas masing-masing yang kemudian diseleksi oleh wali kelas dan wali kelas akan menyerahkan 2 terbaik untuk diserahkan kepada dewan juri.

Pada hari Jumat SD Yasporbi I berkerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk memberikan tausiyah dan motivasi melalui aplikasi zoom meeting cloud. Dengan dua pemateri, yang pertama adalah Ustadz M. Faqihus Syar’I, S.S.I dengan topik “Indahnya Ramadan, di rumah aja”, dan pemateri kedua oleh Ripan Karlianto dengan topik “Menjadi Keren Saat Ramadan di Rumah”. Puncak kegiatan pesantren Ramadan SD Yasporbi I adalah tausiaj dari Mustada Debu dengan tema “Ngejam dirumah aja” yang akan berlangsung hari Sabtu (16/5). Di hari terakhir ini orang tua murid akan menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Sehingga keberkahan dalam bulan Ramadan dapat dirasakan oleh orang tua dan anak. (AL)

You may also like

Leave a Comment