News Flash Education
Home Berita QURBAN DI SEKOLAH YUK! BERSAMA UNIT PANCORAN

QURBAN DI SEKOLAH YUK! BERSAMA UNIT PANCORAN

July 26, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2022. Pada hari itu, umat Islam di sunnahkan untuk berqurban, dimana mereka menyembelih hewan Qurban untuk kemudian dibagikan kepada warga sekitar. Dalam rangka menyemarakkan hari raya Idul Adha 1443 H, Unit Pancoran (TK Yasporbi I, SD Yasporbi I, SMP Yasporbi I, dan SMA Yasporbi) berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan pemotongan hewan Qurban yang dilaksanakan di SD Yasporbi I.

Karena bertepatan dengan hari efektif sekolah dan SD Yasporbi I melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), maka kegiatan Qurban tersebut menjadi bagian dari Kegiatan MPLS SD Yasporbi I. Kegiatan penyembelihan dilaksanakan pada hari Selasa (12 Dzul Hijjah) 12 Juli 2022 pada pukul 09.00. Teknis pelaksanaannya adalah Hybrid menggunakan aplikasi zoom. Ada guru yang meliput langsung dari tempat pemotongan hewan qurban dan di spotlight oleh cohost di masing-masing kelas dan ada satu orang guru yang di spotlight sebagai narasumber pembelajaran Qurban. Bagi siswa/siswi yang menitipkan Qurbannya atau berqurban di sekolah dapat menyaksikan langsung di area pemotongan hewan Qurban.

Gambar 1. Pembelajaran Qurban Hybrid

Kegiatan penyembelihan hewan Qurban di sekolah bertujuan untuk memberikan pembelajaran langsung tentang Qurban dan pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban, sekaligus membentuk karakter siswa untuk memiliki sikap peduli sosial. Selain kegiatan pembelajaran Qurban, siswa/siswi yang beragama Kristen dan Hindu juga memiliki kegiatannya masing-masing selama kegiatan Qurban berlangsung.

Gambar 2. Kegiatan Keagamaan Agama Kristen
Gambar 3. Kegiatan Keagamaan Agama Hindu

Jumlah hewan Qurban Unit Pancoran adalah sebanyak 2 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Lalu daging Qurban tersebut dibagikan kepada warga sekitar sekolah.

You may also like

Leave a Comment