News Flash Education
Home Berita PROJECT BASED LEARNING TK YASPORBI I PANCORAN: MENGOBSERVASI TUMBUHAN HORTA

PROJECT BASED LEARNING TK YASPORBI I PANCORAN: MENGOBSERVASI TUMBUHAN HORTA

December 29, 2021 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I- Project Based Learning (PjBL) adalah program proyek yang salah satu tujuannya adalah memperoleh kemampuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran. Hal ini yang mendasari kegiatan PJBL dilakukan oleh TK Yasporbi I Pancoran. Selain itu, “End In Mind” kegiatan PjBL di TK Yasporbi I kali ini adalah melatih anak dalam mengobservasi tanaman horta. Kegiatan PjBL di TK Yasporbi I diadakan pada saat review week yaitu pada hari Senin dan Selasa, 13 – 14 Desember 2021 secara online.

Kegiatan PjBL pertama ini, anak – anak TK Yasporbi I Pancoran mengobservasi tanaman horta selama kurang lebih 1 minggu. Tanaman tersebut diberikan oleh pihak sekolah beserta keterangan cara menumbuhkannya. Anak – anak juga diberikan worksheet yang harus digambar. Kemudian, anak – anak mempresentasikannya dikelas secara online. Ibu guru memberikan pertanyaan yang terkait dengan hasil observasi anak. Menggali pengetahuan dan perasaan anak dalam mengobservasi tanaman horta. Beberapa anak mengatakan lucu, namun juga ada yang mengatakan geli melihat tumbuhan muncul dari badan horta.

Kegiatan Project Based Learning di TK Yasporbi I Pancoran memang diawali dengan project yang sederhana terlebih dahulu. Project disesuaikan dengan level perkembangan dan level usia anak. Diharapkan anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan menumbuhkan dan merawat sendiri tanaman horta tersebut. Hal yang menyenangkan lainnya adalah, anak boleh memberikan nama kepada tanaman mereka.

Kegiatan PjBL ini tentu akan kami evaluasi sehingga pada semester berikutnya TK Yasporbi I Pancoran mampu mendesign kegiatan PjBL dengan lebih menyenangkan dan bermakna untuk anak – anak. Karena pengalaman belajar yang menyenangkan ini bisa menjadi background knowledge yang dibutuhkan anak ketika mereka memasuki jenjang berikutnya. Bukan kah pengalaman belajar yang menyenangkan akan bertahan lama pada ingatan anak? (Penulis: Tim Sosial media TK Yasporbi I)

You may also like

Leave a Comment