News Flash Education
Home Berita PROJECT BASED LEARNING “MY HOUSE” GRADE 1 SD YASPORBI I PANCORAN

PROJECT BASED LEARNING “MY HOUSE” GRADE 1 SD YASPORBI I PANCORAN

May 30, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Kegiatan akhir semester Project Based Learning grade 1 di SD Yasporbi I dilaksanakan pada pekan keempat di bulan Mei tepatnya tanggal 27 Mei 2022. Dengan membuat diorama rumah yang bertemakan “My House”. Kegiatan Project Based Learning ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu oleh siswa di setiap semesternya, karena setiap siswa akan bekerja secara berkelompok untuk membuat suatu projek secara bersama dan tampil di depan kelas. Dengan adanya kegiatan ini lah mereka dapat mengembangkan kemampuan dalam public speaking mereka, kreatifitas dalam membuat sebuah projek, berdiskusi untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan bersama kelompok dan masih banyak manfaat dari Project Based Learning ini. Langkah-langkah dalam kegiatan PJBL yang dilaksanakan pada 27 Mei 2022:

  1. Guru menginfokan kepada anak-anak untuk mengambil bahan yang telah disiapkan di sekolah.
  2. Anak-anak menerima bahan-bahan yang akan dibuat untuk kegiatan Project Based Learning
  3. Di hari pelaksanaan Project Based Learning seluruh kelompok siswa harus membuat dioarama rumah bersama kelompok di sekolah  dengan dipandu oleh guru
  4. Guru memberikan arahan pembuatan Project Based Learning kepada anak-anak secara langsung dan anak-anak sambil mengikuti arahan yang diberikan
  5. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk membuat dan berkreasi langsung sesuai dengan apa yang sudah mereka diskusikan bersama kelompok mereka.
  6. Kegiatan permbuatan Project Based Learning ini dilaksanakan selama 1 minggu dan acara celebration dilaksanakan pada hari Jumat 27 Mei 2022. Pada hari puncak pelaksanaan semua anak menampilkan dengan mempresentasikan diorama rumah mereka masing-masing di depan kelas sesuai dengan ruangan yan telah dibuat serta habit yang mereka telah tentukan pada diorama tersebut.

Kegiatan Project Based Learning ini sangatlah bermanfaat bagi anak-anak terutama di kelas 1 karena bukan hanya membuat anak-anak senang tetapi lebih dari hal itu anak-anak akan trus dapat melatih kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi di depan kelas serta kemandirian mereka. Dengan adanya Project Based Learning ini juga membuat anak yang tadinya masih belum bias beradaptasi dengan temannya akan mulai terbuka sedikit demi sedikit, serta dalam proses pembuatannya akan membuat mereka gembira dan melatih kreatifitas mereka. Semoga kegiatan Project Based Learning ini akan terus terlaksana di setiap semesternya di SD Yasporbi I.

You may also like

Leave a Comment