News Flash Education
Home Berita PROJECT-BASED LEARNING “FAMILY TREE”

PROJECT-BASED LEARNING “FAMILY TREE”

November 29, 2021 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Perkembangan dunia pendidikan dari tahun ketahun terus mengalami perubahan seiring dalam mempersiapkan siswa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di era globalisasi. Dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat memiliki daya saing di era globalisasi ini, setiap siswa diperlukan memiliki kemampuan kreativitas, kerjasama, dan kemampuan berfikir kritis dalam mengembangkan suatu proyek kegiatan yang dikenal dengan Project Based Learning dengan kegiatan Project Based Learning ini diharapkan siswa mampu menghubungkan pengetahuan yang telah mereka pelajari untuk dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Project Based Learning adalah kegiatan siswa yang utamanya adalah memusatkan pada masalah yang berkmakna untuk diselesaikan oleh siswa melalui rancangan berbasis proyek dalam kegiatan tersebut peran guru adalah menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi siswa dalam merancang sebuah proyek yang mereka lakukan. Tujuan dari Project Based Learning adalah agar siswa mampu dalam merancang dan menciptakan sebuah karya yang diperoleh pada pemecahan pada suatu masalah.

Dalam suatu pembelajaran untuk dapat menjadi suatu pembelajaran yang menarik guru dapat menerapkan suatu model pembelajaran yang inovatif salah satunya adalah Project Based Learning. Proyek ini diperkenalkan serta dilaksanakan pada pembelajaran di Sekolah Dasar saat ini tujuannya adalah untuk mendorong setiap siswa untuk berperan aktif dalam suatu proses pembelajaran. Pada kali ini kami guru kelas 1 di SD Yasporbi 1 menerapakan Project Based Learning ini dengan tema “Family Tree” yang kami kolaborasikan projek ini dengan pembelajaran Tematik tujuan dari PjBL ini agar siswa di kelas 1 yang masih kesulitan dalam mengenal anggota keluarganya dengan dibuatnya PjBL “Family tree” ini diharapkan siswa mampu mengenal serta menjelaskan setiap peran dari anggota keluarganya secara lisan.

Dalam kegiatan PjBL ini siswa bekerja sama serta berdiskusi dengan teman sekolompoknya hal ini diharapkan siswa dapat mengembangkan rasa kemandirian serta rasa menghargai perbedaan pendapat, selain itu siswa juga memiliki tanggung jawab penuh atas proyek yang mereka kerjakan sendiri, dalam hal lainnya PjBL ini juga menumbuhkan keterampilan siswa dalam memecahkan suatu masalah, dan masih banyak keefektifitasan dari manfaat yang akan didapatkan dari PjBL ini.

Dokumentasi PjBL Grade 1 – Family Tree

Proses pelaksanaan PjBL ini berlangsung dari Jumat, 29 Oktober s.d 26 November 2021 dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu:

  1. Pada tanggal 29 Oktober 2021 dimulainya pengarahan project via zoom meeting secara bersama
  2. Pada tanggal 4 November 2021 dilaksanakan project kelompok, dalam project kelompok ini siswa akan berdiskusi bersama kelompoknya via breakout room untuk membahas tema, design dan hal-hal yang akan dipresentasikan saat project celebration oleh pengawasan guru
  3. Pada tanggal 8-12 November 2021 dimulainya project individu, jadi setiap siswa akan membuat PjBL bersama kelompok via zoom atau whatsapp call secara mandiri dengan bantuan orang tua untuk mendokumentasikannya
Project Celebration PjBL Grade 1 – Family Tree

Pada tanggal 26 November 2021 final day yaitu Project Celebration seluruh siswa mempresentasikan hasil PjBL dihadapan guru serta teman-temannya via zoom. (Penulis: Tim Sosial Media SD Yasporbi I)

You may also like

Leave a Comment