News Flash Education
Home Article PROGRAM ONE ON ONE ; PRAKTIK BAIK TK YASPORBI I PANCORAN DALAM MENGANTISIPASI LEARNING LOSS PADA ANAK – ANAK PAUD

PROGRAM ONE ON ONE ; PRAKTIK BAIK TK YASPORBI I PANCORAN DALAM MENGANTISIPASI LEARNING LOSS PADA ANAK – ANAK PAUD

November 27, 2021 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I, Pandemi covid – 19 sudah berlangsung kurang lebih dua tahun dan semenjak itu pula kegiatan belajar mengajar sekolah berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh membutuhkan strategi dan usaha yang menantang seperti kebutuhan sarana prasarana dan konsep pembelajaran yang matang sehingga banyak sekolah yang mencari strategi serta penyesuaian dengan keadaan murid dan culture sekolah. Semua startegi dan penyesuian tersebut bertujuan agar anak – anak tidak mengalami Learning Loss.

Learning Loss adalah keadaan dimana anak kehilangan pengetahuan dan keterampilan serta adanya kemunduran dalam akademik. Hal 2 Hamden officers disciplined after assault, steroid purchases anadrol 50 for sale eli lilly, pfizer, merck among big pharma losers in china’s latest round of procurement bidding ini bisa berdampak panjang bukan hanya berdampak pada dunia pendidikan namun juga pada generasi bangsa apabila keadaan ini terus berlanjut. Oleh karena itu, banyak strategi yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi Learning Loss tersebut. Strategi yang disesuaikan dengan culture sekolah dengan melihat banyak aspek diantaranya sarana prasarana, keterlibatan orang tua dan faktor pendukung lainnya.

Melihat dampak dari Learning Loss tersebut, maka TK Yasporbi I Pancoran melakukan praktik baik berupa Program One on One. Program mengajar anak secara satu per satu melalui aplikasi zoom oleh dua orang guru di luar jam belajar semestinya.  Program One on One ini memiliki durasi 30 menit dengan diisi oleh kegiatan kompetensi keaksaraan, kognitif dan peningkatan kompetensi Bahasa yang disesuaikan dengan kompetensi perkembangan anak – anak usia dini. Program One on One juga menghubungi anak melalui video call whatsapp di waktu senggang anak yang diisi dengan kegiatan bercerita anak dengan tujuan  serta meningkatkan engagement anak terhadap guru dan sekolah.

Program One on One juga dilakukan oleh kepala sekolah dengan menghubungi orang tua siswa diwaktu yang telah disepakati untuk menanyakan kendala apa yang dihadapi oleh orang tua siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Oleh karena itu, Program One on One ini disambut  baik oleh orang tua siswa TK Yasporbi I Pancoran karena program tersebut mendorong anak – anak lebih fokus dalam peningkatan kompetensi pembelajaran ditambah pula anak – anak akan lebih engage dengan sekolah dan guru – guru mereka. Upaya program ini adalah mengurangi dampak Learning Loss pada anak – anak usia dini serta memotivasi anak – anak agar tetap semangat dalam belajar di masa pandemik. (Penulis : Tim Social Media TK Yasporbi I)

You may also like

Leave a Comment