News Flash Education
Home Berita PROGRAM LEADER IN ME DI TK YASPORBI II MEMBENTUK KARAKTER SISWA MENJADI PEMIMPIN

PROGRAM LEADER IN ME DI TK YASPORBI II MEMBENTUK KARAKTER SISWA MENJADI PEMIMPIN

December 29, 2021 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi II, Setahun setengah Program Leader in Me menjadi program terbaik di Yasporbi, khususnya di TK Yasporbi II, Pasarminggu. Dimana program ini mendidik guru dan siswa memiliki kepemimpinan dalam aktivitas sehari-hari. Tidak banyak yang memiliki program sekolah seperti ini, karena itu program ini menjadi program yang diunggulkan dan termasuk prestise bagi sekolah sekolah swasta di Jakarta.

Leader in me yang mengusung 7 habits atau 7 kebiasaan baik dimana yang pertama ada Be Proactive, menjadi seorang yang proaktif dan tidak selalu menunggu. Ini merupakan kebiasaan dari seorang pemimpin, menjadi seorang yang berinisiatif tinggi dan selalu menjadi inspirasi bagi lingkungannya. Kebiasaan kedua adalah begin with the end in mind, dimana ketika mengawali suatu kegiatan, kita memulai dengan tujuan apa yang kita harapkan, disini memberikan kita untuk focus pada apa yang kita targetkan dan menjauh dengan hal-hak yang tidak berpengaruh pada tujuan akhir kita. Kebiasaan ketiga adalah Put first thing first, dimana pada kebiasaan ini kita sebagai manusia harus mengetahui mana yang harus didahulukan, yang mana yang menjadi prioritas dari tugas-tugas kita. Kebiasaan keempat adalah Think win-win, dimana disini berarti Berfikir menang-menang, dan kita belajar untuk menjadi seseorang yang memikirkan apa yang terbaik untuk semua orang tanpa ada yang menang atau kalah dalam mendapatkan haknya. Kebiasaan kelima yaitu seek first to understand than to be understood, dimana ini adalah seseorang harus memahami satu sama lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Selanjutnya pada kebiasaan keenam adalah synergize, kebiasaan dimana kita sebagai makhluk sosial, pastinya akan membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhan kita, memenuhi keinginan kita ataupun tujuan bersama. Diperlukannya bersinergi satu sama lain, untuk memudahkan kita mencapai end in mind kita. Bersinergi membantu kita berkolaborasi dalam menyatukan visi serta misi dari kita pribadi. Oleh karena itulah diperlukannya synergize dari masing-masing pribadi kita. Kebiasaan ketujuh adalah sharpen the saw, yaitu menyeimbangkan jiwa dan diri kita, dimana kita kembali ke diri sendiri, memberikan penghargaan kepada diri kita, dan memberikan keleluasaan waktu untuk beristirahat, beribadah, bercengkerama dengan keluarga dan handai taulan. Jika kita melaksanakan 7 habits ini secara sempurna walaupun perlahan-lahan, niscaya kita akan menjadi pribadi yang terbaik dan lingkungan pun akan menjadi baik.


Pages

Oleh karena itu di TK Yasporbi II sampai saat ini, 7 kebiasaan baik ini berimplementasi pada kehidupan guru dan siswa sehari-hari. Tidak hanya siswa, namun juga orangtua siswa ikut turut dalam program ini, yang mengajarkan kebiasaan baik dirumah juga.

Sekali lagi, walaupun dimasa pandemic, hal ini tidak berpengaruh pada kegiatan leader in me. Semua bisa dilakukan secara asinkronus maupun sinkronus, pembelajaran tetap berjalan seperti biasa.

Program Leader in me pastinya menjadi bekal bagi kami untuk tetap terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa di negeri tercinta, menghasilkan pemimpin pemimpin terbaik nantinya dimasa depan. (Penulis: Tim media sosial TK Yasporbi II)

You may also like

Leave a Comment