News Flash Education
Home Berita PJBL AND LEADERSHIP CELEBRATION – GRADE 2 SD YASPORBI I PANCORAN

PJBL AND LEADERSHIP CELEBRATION – GRADE 2 SD YASPORBI I PANCORAN

July 18, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Dalam rangka pengembangan siswa memenuhi kompetensi inti dan kompetisi dasar serta mempraktekkan 21st century skills, seperti bekerja sama (collaboration), komunikasi (communication) & pemikiran kompleks (complex thinking), dan membuat suatu produk atau gagasan yang orsinil dan berkualitas (Creative – Innovative), SD Yasporbi I menggunakan Project Based Learning (PjBL) sebagai metode pembelajaran untuk mengembangkan 13 keterampilan hidup dan 21st of century skills yang dibutuhkan siswa saat ini dan di masa depan. Salah satu konsep penting dalam Project Based Learning (PjBL) adalah active learning. Active learning merupakan konsep inti dari sistem belajar SD Yasporbi I. Active learning adalah saat siswa mendapatkan pengalaman langsung dengan melibatkan diri di lingkungan sekitar mereka.

PjBL yang dilakukan oleh kelas 2 SD Yasporbi I di semester 2 tahun pelajaran 2021-2022 mengusung tema “Memanfaatkan Barang Bekas di Rumah”. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa dapat bekerja kelompok dengan baik, mengembangkan informasi yang diberikan oleh guru, dan menampilkan hasil observasinya dalam berbagai bentuk kreasi. Siswa telah melalui beberapa tahap untuk membuat alat musik dari barang bekas. Di penghujung kegiatan, siswa diberikan kesempatan untuk tampil secara berkelompok dengan menampilkan hasil karyanya dalam acara selebrasi.

Kelas 2 telah melaksanakan “PJBL and Leadership Celebration” yang dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Mei 2022 di Aula SD Yasporbi I. Hasil karya yang ditampilkan sangat beragam. Penampilan yang diberikan juga beragam sesuai dengan kreatifitas kelompoknya masing-masing. Setiap kelompok berusaha menampilkan penampilan terbaiknya, salah satunya adalah dengan menggunakan kostum dan properti yang seragam dengan anggota kelompoknya. Tidak hanya menampilkan hasil karya PjBL, ada juga siswa yang menunjukkan bakatnya seperti bernyanyi, fashion show, membaca puisi, senam lantai, dan menari bersama.

Setelah menyaksikan penampilan dari siswa kelas 2, kami menyampaikan pengumuman penghargaan monthly award  sebagai apresiasi kepada siswa terbaik kami dengan kategori … Di penghujung acara, para guru kelas 2 juga turut tampil dengan menyanyikan lagu “7 Habits – I am a leader” yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 2. Acara “PJBL and Leadership Celebration” kelas 2 menjadi acara offline pertama setelah pandemi COVID-19 usai. Seluruh siswa kelas 2 sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara “PJBL and Leadership Celebration”.

You may also like

Leave a Comment