News Flash Education
Home Berita PENGUATAN KARAKTER SISWA PROGRAM 7 HABITS SMA YASPORBI

PENGUATAN KARAKTER SISWA PROGRAM 7 HABITS SMA YASPORBI

August 14, 2020 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Penguatan karakter diyakini perlu dan penting untuk dilakukan oleh sekolah dan stakeholders-nya untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah. Penguatan karakter pada dasarnya adalah mendorong lahirnya anak-anak yang memiliki kepribadian kuat, tumbuh dan berkembang dengan kapasitas dan komitmen sehingga mampu berkompetisi dimasa saat ini dan masa yang akan datang, serta melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukannya dengan benar.

Penguatan karakter di sekolah dapat melalui tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan kebiasaan (habit). SMA Yasporbi menyadari bahwa karakter tidak terbatas pada pengetahuan saja. Seseorang yang memiliki pengetahuan yang cukup belum tentu mampu bertindak sesuai dengan pengetahuannya, jika tidak terlatih (menjadi kebiasaan) untuk melakukan kebaikan tersebut.

Dengan demikian, perlu adanya kesinambungan antara pengetahuan, pelaksanaan serta pembiasaan. Inilah yang dipahami oleh SMA Yasporbi sebagai bagian dari upaya dalam pengembangan karakter siswa. “Pengetahuan sudah menjadi barang yang tentu didapat oleh siswa diberbagai pelajaran yang disampaikan oleh bapak/ibu guru dikelas dengan kompetensi dasar yang berbeda beda. Pelaksanaan pun sekolah sudah mengupayakan semaksimal mungkin dalam penguatan karakter siswa, namun kunci terakhir yakni pembiasaan kami menyadari hal ini perlu adanya kebiasaan dikehidupan dengan secara masif untuk mewujudkan karakter seluruh komponen SMA Yasporbi, ekosistem yang menanamkan kebiasaan yang produktif dan terwujud kebiasaan (habit)” ujar Kepala Sekolah SMA Yasporbi. Ir Maman Darusman, M.Pd ( Saat Memotivasi Dewan Guru )

SMA Yasporbi tidak mau berhenti melayani siswa untuk tujuan mulia tersebut, yakni mewujudkan siswa yang memiliki karakter, yang sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Yasporbi. Langkah yang diambil oleh SMA Yasporbi adalah dengan menggandeng organisasi Dumanis dengan program The Leader in Me, dalam rangkaian program sekolah tahun ini terdapat program yang dinamakan “Pelatihan 7 Habits”. Kegiatan ini adalah tahun pertama kali luncurkan oleh SMA Yasporbi dalam rangkaian program-program penguatan karakter siswa yang bertujuan agar para siswa tak hanya cerdas dalam akademiknya tetapi juga unggul dalam segala bentuk kepribadiannya dengan cara mengasah kebiasaan-kebiasaan baik yang diajarkan dalam “Pelatihan 7 Habits” ini.

Penguatan karakter dalam hal ini direalisasikan dalam program utamanya pada pengenalan nilai-nilai secara kognitif, dan mendalam sampai ke penghayatan nilai secara efektif mulai dari “Be Proaktif, Begin with the End in Mind, Put the First Thing First, Thing Win-win, Seek to Understood and then to be Understand, Synergize, hingga Sharpened the Saw”. (RK)

You may also like

Leave a Comment