News Flash Education
Home Berita PENGGUNAAN DUA PERANGKAT DI TERAPKAN DALAM PELAKSANAAAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SECARA DARING – SD YASPORBI III

PENGGUNAAN DUA PERANGKAT DI TERAPKAN DALAM PELAKSANAAAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SECARA DARING – SD YASPORBI III

December 7, 2021 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi III, Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu upaya evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). Kegiatan PAS yang biasa dilaksanakan secara langsung di sekolah, di tahun 2021 ini harus melaksanakannya secara daring sama seperti awal tahun 2020 lalu. Di mana semua kebijakan dan peraturan terkait kegiatan ini mengalami beberapa perubahan seperti penggunaan perangkat oleh peserta didik selama PAS.

SD Yasporbi III Pasar Minggu – Jakarta Selatan melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) pada tanggal 29, 30 November sampai dengan tanggal 1, 2, dan 3 Desember 2021. Ini bukan pertama kalinya SD Yasporbi III melangsungkan PAS secara daring. Walaupun demikian, dari tiap ujian yang telah dilakukan, SD Yasporbi III selalu melakukan evaluasi dan kebijakan baru demi menyukseskan jalannya ujian secara daring atau online ini.

Briefing guru sebelum pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS)
Dokumentasi penggunaan dual device saat Penilaian Akhir Semester (PAS)

Dalam Penilaian Akhir Semester I, sudah terbentuk kepanitiaan di dalamnya yang sudah tersusun dan terorganisir dengan rapih mulai dari penulisan pedoman soal, penataan kartu ujian, hingga pelaksanaa semua guru, pengawas berkoordinasi baik dengan panitia dan pihak sekolah demi ketertiban pelaksaan PAS tahun 2021.

Spesialnya, peserta pelaksanaan penilaian akhir semester ini menggunakan dua perangkat (laptop/ handphone/ tab/pc, dll.). Hal ini bertujuan agar selama pelaksanaan siswa/siswi melaksanakan dengan bertanggung jawab, mandiri, dan jujur. Apabila siswa hanya memiliki satu perangkat, maka diberi kebijakan untuk menggunakan Cermin yang diletakkan tepat dibelakang siswa.

Jadwal penilaian akhir semester (PAS) antara kelas rendah (1 sampai 3) dan kelas tinggi (4-6) tentunya sedikit berbeda. Dalam pelaksanaan ini diharapkan semua peserta didik tertanam rasa tanggung jawab, kemandirian, kepercayaan diri dan kejujurannya dalam mengerjakan soal-soal PAS. Peserta didik masuk ke breakout room masing-masing sesuai kelasnya dan ditemani oleh wali kelas maupun pengawas PAS. Menyalakan kamera dan menyalakan mikrofon adalah bentuk tanggung jawab dalam pelaksanaan PAS ini. Atas kerjasama sekolah dengan para orang tua siswa yang menyebabkan berjalan dengan baik kegiatan Penilaian Akhir Semester tahun 2021. (Penulis: Tim Sosial media SD Yasporbi III)

You may also like

Leave a Comment