News Flash Education
Home Berita PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TK YASPORBI I PANCORAN: PENTINGNYA MELATIH KEMANDIRIAN DAN MEMBERIKAN KEPERCAYAAN KEPADA ANAK.

PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TK YASPORBI I PANCORAN: PENTINGNYA MELATIH KEMANDIRIAN DAN MEMBERIKAN KEPERCAYAAN KEPADA ANAK.

November 27, 2021 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I, Senin, 4 Oktober 2021 TK Yasporbi I telah mulai pembelajaran tatap muka terbatas setelah melewati proses kerja sama yang sangat baik antara guru dan orang tua yaitu dengan mengisi 11 modul pembelajaran terdiri dari 3 modul pembelajaran untuk orang tua siswa dan 8 modul pembelajaran untuk guru dengan hasil sangat memuaskan yaitu level penggerak. Setelah itu, tidak menunggu lama, SK ( Surat Keputusan ) PTMT ( Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ) TK Yasporbi I terbit dan termasuk ke dalam batch ke 3.

Tentu saja kebutuhan sarana dan prasarana telah kami persiapkan sebelumnya yaitu seperti kebutuhan hand sanitizer, masker anak, cairan disinfektan, memasang sign alur masuk dan keluar serta menempatkan beberapa tempat cuci tangan, kemudian “men-design” konsep belajar untuk anak – anak TK serta mengisi assessment dari Dinas Pendidikan. Tidak lupa pula kegiatan sosialisasi kepada orang tua siswa menjadi salah satu kegiatan yang wajib  sehingga orang tua siswa mengetahui langkah – langkah pembelajaran dimasa new normal ini. Salah satu tugas orang tua dalam mempersiapkan anak – anak dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas adalah mengisi link GForm mengenai kondisi anak setiap harinya. Ketika pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pun, orang tua dapat melihat kegiatan tersebut melalui zoom live dari kelas sehingga dapat dievaluasi bersama oleh guru dan orang tua.

Pengukuran Suhu tubuh siswa
Screening Kesehatan siswa serta Absensi

Kerja sama yang baik ini bertujuan agar anak – anak bisa kembali bersekolah namun dengan mengedapankan protokol Kesehatan. Merupkan hal yang baru bagi anak – anak bersekolah kembali namun harus menyesuaikan dengan “rules” new normal. Dititik inilah terlihat sikap kemandirian dan tanggung jawab anak – anak usia TK. Bagaimana mereka menyesuikan diri dengan keadaan new normal menjadi pembiasaan baru bagi anak – anak.

Suasana kelas saat PTMT berlangsung

Pandemi memang mengajarkan kita banyak hal termasuk juga kepada anak – anak usia dini diantaranya adalah melatih kemandirian anak ketika harus mencuci tangan sendiri, membuka sepatu sendiri dan menyiapkan “worksheet” sendiri meski begitu, ibu guru selalu ada mendampingi dan memberikan arahan bila anak mengalami kesulitan. Oleh karena itu, kondisi new normal ini melatih pembiasaan baru bagi anak, bukan hanya melatih kemandirian dan tanggung jawab namun juga anak merasa diberikan kepercayaan dari orang – orang dewasa disekitar mereka bahwa anak mampu melakukannya Dan kita sebagai orang dewasa harus memberikan kepercayaan terebut sehingga kemandirian dan tanggung jawab anak terhadap dirinya semakin bertumbuh. (Penulis : Tim Social Media TK Yasporbi I)

You may also like

Leave a Comment