News Flash Education
Home Berita PELATIHAN CORE 3 YASPORBI – LEADER IN ME BERSAMA DUNAMIS EDUCATION

PELATIHAN CORE 3 YASPORBI – LEADER IN ME BERSAMA DUNAMIS EDUCATION

October 3, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Sabtu, 24 September 2022 seluruh unit Yasporbi mengikuti kegiatan pelatihan Core 3 Leader in Me bersama Dunamis Education. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah Yasporbi mengembangkan sekolah menjadi sekolah yang berkarakter. Yasporbi telah bekerjasama dan menjalankan program The Leader in Me sejak tahun 2020 dan beranjak ke tahun ke 3.

Dengan membudayakan 7 Habits of Highly Effective People, The Leader in Me, siswa dibekali dengan percaya diri dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di abad ke-21. Dimulai dengan Habit 1, Be Proactive hingga Habit 7, Sharpen the Saw seluruh warga sekolah diharapkan dapat berkembang, berkarakter, dan bersinergi bersama demi kemajuan sekolah. Sehingga dapat dikatakan sekolah tidak hanya berfokus pada nilai akademik saja namun meningkatkan sikap dan kepribadian seluruh warga sekolah.

Dalam paradigma Leader in Me, dapat dikatakan bahwa setiap orang adalah leader atau pemimpin. itu adalah inti dari core 1. dan di core 3 ini berkaitan dengan academics. Kita harus melihat dan menganalisa potensi siswa jauh lebih dalam, dan bagaimana para siswa dapat mengembangkan potensinya.

Salah satu penerapan LIM Core 3 di Yasporbi ialah dengan adanya pelaksanaan SLC (Student Led Conference), dimana siswa merefleksi dirinya satu tahun dan menuangkannya tentang goals, ketercapaian siswa selama satu tahun, kelebihan dan kekurangan diri, serta harapan dirinya untuk ke depan melalui portofolio yang telah mereka buat sebelumnya.

Berikut adalah beberapa manfaat SLC bagi siswa diantaranya adalah melibatkan tanggung jawab pribadi untuk kinerja akademik; mengajarkan oragnisasi, keterampilan berbicara, dan refleksi; mendorong pemikiran tingkat tinggi; membangun perasaan hormat dan nilai; serta memerikan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan, tantangan, minat dan preferensi.

Sedangkan manfaat SLC untuk orangtua adalah memperkuat hubungan dengan siswanya, membangun kepercayaan, memungkinkan orang tua untuk memahami kemajuan anak-anak mereka lebih dalam dan memberikan kesempatan untuk berbagi ide seputar tujuan.

Selain itu pada pelatihan Core 3 ini diberikan juga pengertian tentang Service Learning. Service Learning adalah kegiatan secara aktif menerapkan keterampilan akademik dan kepemimpinan untuk manfaat orang lain. Atau dengan bahasa lain, bagaimana kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Service Learning ini dapat berupa kegiatan yang simple atau kompleks, besar atau kecil, virtual atau secara langsung, dan bisa berkegiatan secara kolaborasi maupun kegiatan individu tergantung dari pribadi masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi kepemimpinan siswa. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam kegiatan ini adalah Think, Engage, Act, and Make Connection atau lebih kenal dengan sebutan TEAM.

Dengan semua kegiatan dan pembiasaan tersebut diharapkan dapat membantu dalam menemukan Habit ke 8 yaitu Find Your VoiceI and Inspire Others to Find Theirs. sehingga semuanya dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain (Penulis: Tim Sosial Media SD Yasporbi I)

You may also like

Leave a Comment