News Flash Education
Home Berita PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH KELAS 6 SDS YASPORBI I

PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH KELAS 6 SDS YASPORBI I

April 28, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Ujian Sekolah atau dikenal juga dengan singkatan US, merupakan salah satu asesmen yang menjadi penentu bagi kelulusan siswa. Adanya penghapusan USBN yang merupakan gebrakan baru dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, menjadikan kelulusan siswa dikembalikan lagi kepada pihak sekolah sebagai penyelenggara.

Pelaksanaan US untuk tingkat sekolah dasar, berlangsung dari tanggal 11 April sampai 18 April 2022 di sekolah. Pelaksanaan di SD Yasporbi 1 sendiri berjalan lancar. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta sistem ujian yang sudah memenuhi standar pelaksanaan, kegiatan pun berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Senin, 11 April 2022 merupakan hari pertama dilaksanakannya Ujian Sekolah dengan bidang studi yang diujikan Pendidikan Agama dan Bahasa Indonesia. Tepat sebelum ujian dilaksanakan, para siswa dikumpulkan di aula sekolah untuk mendengarkan pengarahan dari Kepala Sekolah dan juga guru-guru agar para siswa lebih tenang dalam menghadapi ujian.

Gambar 1 Pengarahan di Aula SD Yasporbi 1

Ujian Sekolah kali ini berbeda dari ujian kelulusan pada tahun sebelumnya. Jika ditilik dua tahun belakangan ini, Ujian Sekolah pelaksanaannya fokus 100 pesen online, tahun ini Ujian Sekolah di SD Yasporbi I menggabungkan 2 proses, yakni online dan offline.

Gambar 2 Pengarahan dari Kepala Sekolah

Saat pelaksanaan ujian, para siswa wajib datang ke sekolah dengan menggunakan seragam lengkap serta memenuhi protocol Kesehatan yang ketat, tentunya. Siswa yang diizinkan mengikuti ujian pun adalah mereka yang benar-benar dalam kondisi sehat. Selanjutnya, untuk sistem ujiannya sendiri, SD Yapsorbi I mengaplikasikan 2 sistem ujian yakni mengombinasikan G-form dan paper based. Sehingga, siswa yang datang ke sekolah tidak hanya membawa perlengkapan tulis mereka, namun juga membawa perlengkapan elektronik pribadi yang sudah mumpuni untuk mengakses internet.

Gambar 3 Suasana di kelas saat pelaksanaan ujian
Gambar 4 Siswa saat mengerjakan isian dan esai

You may also like

Leave a Comment