News Flash Education
Home Berita PELAKSANAAN PJBL SISWA KELAS 5 SD YASPORBI I SEMESTER GENAP

PELAKSANAAN PJBL SISWA KELAS 5 SD YASPORBI I SEMESTER GENAP

July 1, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam pohon. Dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga kita dari bencana banjir dan longsor. Maka dari itu sangat penting mengajarkan cinta lingkungan sejak dini.

SD Yasporbi I memiliki suatu program kegiatan yang sangat menarik dalam mengajak  siswa-siswi kelas 5 untuk menanam tanaman berupa sayuran. Dimulai dari menanam bibit, merawat hingga memanen sayurannya. Kegiatan menanam ini dilaksanakan sebagai program PJBL pada Semester Genap 2022.

Tanaman yang dipilih adalah tanaman sayur bayam dan kangkung, merupakan tanaman yang mudah ditanam oleh anak-anak dengan media tanah dan pot. Dari program PJBL kegiatan menanam ini memiliki tujuan yang diharapkan kepada mereka. Siswa-siswi dapat mengenal jenis tanaman sayuran, cara menanam sayuran, merawat dengan penuh kasih sayang sebagai wujud interaksi manusia dengan lingkungan, mengukur tanaman mulai dari pertumbuhan awal hingga tumbuh tinggi dan subur. (Penulis: Penulis: SD Yasporbi I)

Mata pelajaran yang terkait dalam program PJBL Kelas 5 adalah mata pelajaran Sains, IPS, dan Matematika. Siswa dapat mengenal bibit, jenis dan proses tumbuh tanaman yang dikaitkan dengan topik pelajaran Sains yang pernah dipelajari, pada mata pelajaran IPS diharapkan siswa dapat berinteraksi dengan lingkungan sehingga tumbuh rasa cinta terhadap makhluk hidup dan pandai merawat dengan penih kasih sayang. Selain itu kaitannya dengan mata pelajaran matematika diharapkan siswa dapat membuat tabel data dan membuat grafik sesuai data pengukuran sebagai wujud pemahaman materi data statistik.

Siswa-siswi melalukan kegiatan ini dengan timeline yang telah mereka rencanakan sendiri mulai dari persiapan, proses menanam, merawat, dan kegiatan lainnya. Timeline diharapkan sebagai acuan rencana dalam program kerja mereka dalam menyelesaikan suatu kegiatan.

Proses yang telah mereka lakukan di rumah akan dibuat dalam bentuk presentasi secara berkelompok. Tujuan presentasi PJBL agar menumbuhkan sikap percaya diri siswa-siswi dalam berkomunikasi di depan umum, menumbuhkan sikap tanggungjawab, dan saling menghormati dan menghargai antar teman saat mereka berdiskusi. Memecahkan segala permasalahan yang dihadapi untuk mendiskusikan dan menemukan solusinya bersama-sama. Pada akhirnya, kegiatan menanam dalam PJBL Kelas V dapat menjadikan suatu pengalaman yang dapat mereka lakukan ulang di rumah sehingga kelak dapat menciptakan kreatifitas dan kepedulian dengan lingkungan. (Penulis: Kelas V SD Yasporbi 1, 2022)

You may also like

Leave a Comment