News Flash Education
Home Berita PELAKSANAAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER SD YASPORBI I

PELAKSANAAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER SD YASPORBI I

October 1, 2020 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Evaluasi belajar merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan dalam usaha mengukur hasil kegiatan pembelajaran siswa Kegiatan ini merupakan bagian dari sistem belajar mengajar yang dilaksanakan di sekolah , sistem ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.Setiap bagian tersebut memiliki pedoman pelaksanaan dan teknik tersendiri yang erat kaitannya. Kegiatan evaluasi harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh agar menjamin mutu hasil evaluasi belajar siswa.

Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk tahun ajaran 2020/2021 pada SD Yasporbi I pancoran berbeda dengan skema PTS pada sebelumnya, dimana disaat ini proses pembelajaran dilakukan secara jauh serta materi yang diujikan adalah materi yang telah disesuaikan dengan kurikulum dan yang telah diajarkan dan pemberian soal yang diujikan melalui aplikasi google form. Soal soal tersebut telah melalui check dari kepala sekolah.

Proses kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS)
(Sumber : Ahmad Asep)
Pengawasan Penilaian Tengah Semester oleh guru
(Sumber : Ahmad Asep)

Pelaksanaan ujian semua menggunakan aplikasi zoom dimana dalam proses pemantauan perlevel kelas akan dibuatkan breakout room sehingga memudahkan dalam pengawasan per kelasnya. Disetiap kelas diawasi dengan satu guru. Para siswa akan mendapatkan link soal yang diujikan ketika guru membacakan tata tertib dan siswa siap melakukan ujian.

Penilaian Tengah Semester ini telah juga mendapatkan respon yang sangat baik dari para orangtua dan memberikan apresiasi yang baik akan berjalan dengan baiknya penilaian tengah semester ini.

Keberhasilan PTS ini juga  ditentukan oleh beberapa faktor yang menyangkut sikap dan tanggung jawab para guru pelaksana dari program tersebut, antara lain :

  • Terciptanya kerja sama dan saling mempercayai antara guru dan para siswa dengan mengedepankan proses kejujuran dan ketepatan dalam pelaksanaan.
  • Kebersamaan dalam bertanggung jawab agar terciptanya pelaksanaan PTS yang berjalan baik dengan saling mendukung jika mengalami kendala selama kegiatan PTS berlangsung.
  • Komunikasi yang baik antara guru dan orangtua untuk saling membantu memberikan yang terbaik untuk PTS siswa. – AT

You may also like

Leave a Comment