News Flash Education
Home Berita PELAKSANAAN ANBK DI SD YASPORBI III PASAR MINGGU

PELAKSANAAN ANBK DI SD YASPORBI III PASAR MINGGU

December 15, 2021 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi III- Melansir laman kemdikbud, pengertian Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Pada tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian siswa kelas 5, 8, dan 11 yang dipilih secara acak oleh Kemdikbud. Siswa yang terdaftar adalah siswa yang telah mengalami proses pembelajaran, sehingga dapat dikatakan telah banyak berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) intsrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi dan Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Di tahun ajaran baru, SD Yasporbi III sudah menerima informasi tentang Asesmen Nasional, Maka dari itu kami mulai merencanakan beberapa kegiatan untuk mempersiapkan Asesmen Nasional ini. Tahap pertama yang dilakukan adalah sosialisasi ke pihak orang tua siswa kelas 5. Mensosialisasikan secara rinci kegiatan Asesmen Nasional ini dan memberitahu jadwal yang telah direncanakan sebagai persiapan untuk menghadapi Asesmen Nasional.

Kunjungan pengawas ANBK ke SD Yasporbi III Pasar Minggu

Tahap yang kedua, membuat jadwal pembelajaran tambahan berisi pemantapan salah satu instrumen Asesmen Nasional, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi dan numerasi. Pemantapan materi disampaikan oleh para wali kelas 5 setiap hari rabu dan kamis setelah pembelajaran berakhir.

Tahap yang ke-tiga, menjadwalkan Try Out dan pemantapan. Setelah dilakukannya pemantapan materi, kami pun mengadakan Try Out sebagai takaran kami dalam menilai peserta didik Asesmen Nasional. Try Out kami lakukan sebanyak 3 kali dengan mengundang ahli pengajar untuk pembahasan soal – soalnya. Diantaranya kami mengundang Erlangga, Bintang Pelajar, dan Rasyidu. Setelah dilaksanakan Try Out, ada sesi pembahasan soal TO.

Tahap yang ke-empat, kami melakukan simulasi dan gladibersih. Simulasi dan gladibersih dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pihak Dinas Pendidikan Daerah Jakarta, yaitu simulasi dilakukan sebanyak 2 kali dan gladibersih dilakukan sebanyak 1 kali.

Peserta ANBK melaksanakan briefing sebelum masuk ke ruang ujian

Tahap yang terakhir adalah pelaksanaan Asesmen Nasional. Pelaksanaan Asesmen Nasional di SD Yasporbi III dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 17 dan 18 November 2021. Pelaksanaan Asesmen Nasional diikuti oleh 30 peserta didik kelas 5 SD Yasporbi III dan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 dilaksanakan pada pukul 07.30 – 10.30 WIB dan sesi 2 dilaksanakan pada pukul 13.00 – 15.30 WIB. Selama pelaksanaan, Asesmen Nasional berlangsung dengan tertib dan lancar. Ada satu kendala yang terjadi ketika Asesmen Nasional berlangsung, yaitu sistem pusat yang tiba – tiba mengalami offline. Sehingga peserta Asesmen Nasional, pengawas, proktor, dan panitia harus menunggu beberapa saat. Hal ini terjadi pada hari pertama di sesi 2. Setelah itu, Asesmen Nasional dapat berlangsung dengan lancar kembali.

Asesmen Nasional tidak hanya diikuti oleh peserta didik, melainkan juga diikuti oleh seluruh guru dan kepala satuan pendidikan. Instrumen yang diikuti oleh guru dan kepala satuan pendidikan adalah Survei Lingkungan Belajar. Survei Lingkungan Belajar dilakukan secara online.

Sosialisasi Survei Lingkungan Belaja kepada guru-guru

Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan di masa pandemik covid-19, maka dari itu kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Peserta Asesmen Nasional datang dalam keadaan sehat, lalu masuk ke ruangan transit yang dimana ruangan ini memang dikhususkan untuk para peserta menaruh barang, beristirahat dan menunggu. Bila bel sudah berbunyi peserta masuk ke ruang ujian Asesmen Nasional dengan cara berbaris dan tetap menjaga jarak. Setelah sesi 1 selesai, ruang transit dan ruang ujian Asesmen Nasional dibersihkan dan disterilkan dengan semprotan disinfektan untuk mempersiapkan di sesi 2. Begitupun setelah sesi 2 selesai, seluruh ruangan yang digunakan disemprot dengan disinfektan dan dikunci.

Pengawas ruangan membacakan tatatertib sebelum ujian dimulai

Berdasarkan penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Asesmen Nasional di SD Yasporbi III berjalan dengan lancar dan tertib, walaupun ada sedikit kendala tapi semua dapat diatasi dan dapat berjalan kembali dengan lancar sampai selesai. Harapannya semoga hasil yang didapatkan peserta Asesmen Nasional memuaskan dan pengalaman yang didapatkan oleh para peserta juga dapat bermanfaat di kemudian hari. (Penulis: Tim Sosial media SD Yasporbi III)

You may also like

Leave a Comment