News Flash Education
Home Berita PARENTING TK YASPORBI : PROMOTING SOCIAL EMOTIONAL DEVELOPMENT IN YOUR CHILD, WHY IT MATTERS

PARENTING TK YASPORBI : PROMOTING SOCIAL EMOTIONAL DEVELOPMENT IN YOUR CHILD, WHY IT MATTERS

January 17, 2022 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I, Social Emotional Learning (SEL) adalah bagian yang selalu terintegrasi dengan perkembangan manusia sampai kapan pun. SEL Tidak hanya fokus kepada perkembangan anak namun juga pada orang dewasa. Apalagi selama pandemi ini, issue mengenai sosial emosional semakin meningkat terkait dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tengah dihadapi oleh orang tua. Hal tersebut tidaklah mudah baik bagi anak, guru juga orang tua. Ditambahkan pula bahwa Pendidikan Indonesia akan mengarah kepada penekanan karakter, sehingga issue SEL ini menjadi sangat penting.

Social Emotional Learning (SEL) diawali di Pendidikan Usia Dini atau TK dimana pondasi pendidikan karakter dimulai, seperti bagaimana anak mematuhi peraturan kelas, bagaimana anak bersosialisasi dengan temannya atau bagaimana anak dilatih untuk berbagi dengan orang lain. Anak – anak yang memiliki Sosial Emosional yang baik akan berpengaruh baik juga pada kemampuan akademik mereka. Oleh karena itu, TK Yasporbi mengangkat tema parenting mengenai Social Emotional Development pada hari Sabtu, 8 Januari 2022 hasil kolaborasi TK Yasporbi I, TK Yasporbi II dan TK Yasporbi III. Nara sumber adalah Ibu Nina Yuliana seorang Practice Coordinator Dunamis Education.

Namun, kesuksesan anak adalah hasil kolaborasi antara rumah dan sekolah.yang saling bersinergi agar perkembangan anak ter-eksplore secara maksimal. Oleh karena itu, program Leader In Me tidak hanya menyentuh anak dan guru di sekolah namun juga orang tua di rumah. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya Lighthouse Parents karena orang tua juga adalah pendidik yang harus memahami bahwa perkembangan sosial emosional anak butuh proses dan butuh penyelarasan antara rumah dan sekolah. (Penulis: Dieni Savitri)

You may also like

Leave a Comment