News Flash Education
Home Berita OPEN HOUSE TK YASPORBI PROGRAM TK YASPORBI: MENGANTISIPASI ERA VUCA

OPEN HOUSE TK YASPORBI PROGRAM TK YASPORBI: MENGANTISIPASI ERA VUCA

January 3, 2022 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi- Setelah dunia dihebohkan dengan era 4.0, revolusi industri 4.0 merupakan era industri yang memungkinkan seluruh entitas di dalamnya untuk saling berkomunikasi kapan saja secara real time dengan memanfaatkan teknologi internet. Kemudahan ini mendorong tercapainya kreasi nilai baru. Kemudia tidak lama terdengar juga era society 5.0, sebuah konsep yang dihadirkan oleh Federasi Bisnis Jepang. Konsep yang sudah diusulkan dalam 5th Science and Technology Basic Plan ini dijadikan masyarakat masa depan yang harus dicita-citakan oleh Negeri Matahari Terbit ini.

Sederhananya, era society 5.0 bertujuan untuk mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik. Integrasi tersebut dilakukan untuk membuat semua hal menjadi lebih mudah. Keseimbangan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial dengan memanfaatkan sistem yang sangat mengintegrasikan kedua hal tersebut membuat semua hal menjadi mudah, terutama memperluas prospek kerja.  

Ketika Covid-19 muncul dipermukaan bumi, maka society 5.0 pun semakin menjadi, termasuk pada dunia Pendidikan. Keadaan seperti inilah yang disebut Vuca Era. Istilah ini yang digunakan sejak era tahun sembilan puluhan ini merupakan singkatan dari volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity.

Volatility atau volatilitas dapat diartikan sebagai suatu hal yang mudah menguap, berubah, dan meledak. Jika dilihat dari pandangan ekonomi, hal ini bisa diartikan sebagai lingkungan bisnis yang mudah berubah-ubah dengan cepat atau labil yang terjadi dalam skala besar.

Uncertainty pada situasi VUCA memiliki artian tidak pasti atau ketidakpastian. Ini menggambarkan situasi ketika orang akan sulit memprediksi sebuah keakuratan yang akan terjadi di masa depan.

Complexity menggambarkan situasi yang semakin rumit karena banyaknya tantangan yang hadir merupakan perwujudan dari banyak faktor yang saling terakit satu sama lain.

Ambiguity memiliki artian tidak ada kejelasan asal usul sebuah kejadian.

Fenomena VUCA ini muncul sebagai konsekuensi dari semakin majunya teknologi. Buah hati kita nantinya akan hidup di dunia yang bergerak dengan serba cepat, penuh persaingan, dan dipengaruhi banyak faktor yang tak bisa ditebak. Untuk itu, agar buah hati kita siap menghadapi era VUCA nantinya, Orangtua perlu membekali buah hati dengan pengetahuan teknologi dan juga mental yang pantang menyerah.

Program TK Yasporbi siap mengakomodir buah hati kita dengan program-program yang sesuai dengan usianya, dimana program ini tetap engaged dengan Program PAUD yang ditetapkan oleh Pemerintah pada Pasal 57, dimana Ananda ketika selesai menyelesaikan Pendidikan di PAUD/TK akan mampu memiliki : nilai agama dan moral, fisik motoric, kognitif, Bahasa, social emosional.

Pada Open House TK Yasporbi Sabtu, 4 Desember 2021, pemaparan program TK Yasporbi dibawakan dengan acara Talk Show yang santai, dengan moderator ibu Ivah Narianti selaku Kepala Sekolah TK Yasporbi 2 dengan orangtua siswa dari TK Yasporbi 2 Pasarminggu, yaitu Ibu Tika dan Ibu Murni.

Durasi selama 30 menit tidak terasa dan begitu singkat ketika membahas program-program TK Yasporbi, dan tanggapan kedua orangtua tersebut terhadap VUCA Era dan society 5.0 betul-betul menjadi kekhawatiran bagi orangtua sendiri dimana Ananda pastinya akan kehilangan sosialisasi terhadap manusia lainnya, apalagi orangtua sendiri, karena dengan adanya artificial intelligent yang bisa menggantikan manusia, yaitu robot, kehilangan rasa kemanusiaan dan empati menjadi suatu keniscayaan.

Talk show bersifat interaktif dan lugas, Ibu Murni dan Ibu Tika saling menyampaikan kesan-kesannya menyekolahkan putra putrinya di TK Yasporbi, dan sangat puas dengan program-program Yasporbi, guru-guru, saran prasarana dan media pembelajaran yang semuanya disediakan oleh sekolah.

Program Religious, yang mengakomodir beberapa agama, sangat membantu pendidikan agama ananda, dengan pendidikan karakter pun begitu juga. Program Leader in Me dalam atu setengah tahun di Yasporbi membawa perubahan kepada ananda, dengan mandirinya ananda untuk membereskan sesuatu dan menolong kedua orangtuanya. PJBL atau Project Based Learning yang merupakan program differensiasi kami dengan TK TK di  Jakarta, menjadikan ananda berinovasi membuat suatu produk. 

Semua program-program ini hanya akan ditemui di TK Yasporbi, karena kami telah menyesuaikan dan menyiapkan putra putri Anda dalam menghadapi Vuca Era, yang penuh gejolak dan ketidakpastian. (Penulis: Ivah Narianti)

You may also like

Leave a Comment