News Flash Education
Home Berita NASI GORENG KURIKULUM MERDEKA – KELAS 4 SD YASPORBI I

NASI GORENG KURIKULUM MERDEKA – KELAS 4 SD YASPORBI I

August 28, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Hai, Yasporbians, hari ini Kamis, 25 Agustus 2022 merupakan kegiatan yang sangat dinantikan oleh teman-teman hebat di SD Yasporbi 1 Kelas 4, Kegiatan yang membuat segala organ tubuh kita bergerak bahagia, ya kegiatan Fun Cooking.

Kegiatan Fun Cooking diharapkan akan menambah keterampilan diri pada diri anak-anak. Mereka dilatih mampu bekerjasama dalam sebuah kelompok dan pada akhirnya mandiri dalam menghadapi segala permasalahan.

Kali ini, Fun Cooking kelas 4 Kurmer akan membuat masakan ala nusantara yang tidak kalah lezatnya dengan koki terkenal. Nah, menu apa saja yang akan disajikan oleh siswa-siswi kelas IV SD Yasporbi 1 yakni menu nasi goreng. Pemilihan menu nasi goreng menjadi alasan sebagai menu tradisional Indonesia yang mudah dan praktis dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pemilihan ini menjadi suatu bentuk kearifan lokal yang ada lingkungan sekitar. Suatu menu yang mudah untuk dipraktikkan oleh anak-anak dengan bumbu-bumbu serta serba-serbi toping sebagai penambah cita rasa dari nasi gorengnya.

Gambar 1. Bahan Nasi Goreng

Pada kegiatan awal, anak-anak mendapatkan tutorial dalam memasak oleh salah satu guru di kelas dan menyimak beberapa tayangan video tentang nasi goreng.

Siswa-siswa kelas IV SD Yasporbi 1 sangat gembira dalam mengikuti setiap langkah-langkah penyelesaian membuat menu tersebut. Pembiasaan kerjasama antar teman sudah terbiasa ditanamkan di setiap pembelajaran di kelas. Mereka membagi setiap tugas untuk memudahkan cara kerjanya. Kerjasama tim membawa suatu keberhasilan dan kepuasan dalam menciptakan menu nasi goreng mereka. Wajah-wajah dengan sorotan gembira dan perpaduan warna celemek masak yang begitu cerah mengisyaratkan aura kegembiraan hati dalam kegiatan Fun Cooking setelah pasca pandemi yang hampir dua tahun lebih tidak dapat bertatap muka. Ini menjadi suatu kegiatan Fun Cooking perdana mereka saat 100% PTM mulai diberlakukan.

Menjadi suatu kebanggan dalam hasil kerjasama Fun Cooking mereka adalah pada saat mereka mampu untuk menyelesaikan tantangan menu sampai tiba saatnya mereka bersantap bersama. Luapan kegembiraan dari masakan tangan-tangan koki kecil Kelas 4 Kurmer SD Yasporbi 1 menjadi suatu cerita tersendiri dalam pengalaman menarik untuk mereka hari ini (Kamis, 25 Agustus 2022) menjadi suatu wujud “Merdeka Belajar”.

Gambar 2. Hasil Nasi Goreng

You may also like

Leave a Comment