News Flash Education
Home Berita MENUMBUHKAN RASA PATRIOTISME KEPADA SISWA – SISWI TK YASPORBI II

MENUMBUHKAN RASA PATRIOTISME KEPADA SISWA – SISWI TK YASPORBI II

August 26, 2020 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi II, Tanggal 17 Agustus 2020 adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75 yang sangat tidak biasa, karena bangsa ini harus merakayakannya di tengah masa pandemi Covid-19. Begitu pula dengan siswa – siswi TK Yasporbi II Pasar Minggu yang harus merayakan hari Kemerdekaan dengan cara yang tidak biasa yaitu secara virtual. Pertanyaan yang muncul dibenak guru – guru TK Yasporbi II adalah bagaimana cara membangun rasa patriotisme anak – anak TK Yasporbi II secara virtual? Apakah anak – anak TK Yasporbi II tetap merasakan euphoria hari Kemerdekaan seperti biasanya? Karena mengajar virtual kepada anak – anak TK dimasa pandemi bukan hal yang mudah terutama bagaimana cara agar anak – anak TK ini tetap semangat dan fokus.

Para guru TK Yasporbi II telah menyiapkan acara hari kemerdekaan kali ini dengan mengelaborasi berbagai aspek mulai dari tujuan, usia, masa perkembangan anak, media, hingga bentuk hadiahnya. Tidak ketinggalan adalah mengkoordinasikan teknisnya ; bagaimana cara membagi ruangan, menyiapkan virtual background yang sesuai dengan tema, lagu apa yang akan dinyanyikan, hingga atribut yang digunakan dengan tujuan menghidupkan euprhoria dihari kemerdekaan serta mem-brain storming anak – anak dengan lagu – lagu kemerdekaan, membuat prakarya yang berhubungan dengan hari kemerdekaan, hingga tema di kelas pun kami sesuaikan dengan hari kemerdekaan, holistic integrated, demikian kami menyebutnya. Anak – anak pun diminta untuk mengikuti upacara pengibaran sang merah putih dari istana negara di tanggal 17 Agustus. Tujuannya adalah menarik serta membentuk rasa patriotisme anak mengenai hari kemerdekaan,

(Perayaan HUT RI TK Yasporbi II Pasar Minggu)

Untuk merayakan HUT RI ke-75, TK yasporbi II mengadakan 3 ( tiga ) macam lomba yaitu lomba yel – yel untuk keluarga, lomba puzzle 12 pieces untuk anak – anak level TK A ( Caterpillar class ), lomba puzzle 4 pieces untuk anak – anak level preschool dan lomba mewarnai untuk untuk level TK B ( Butterfly class ). Semua puzzle dan gambar disesuaikan dengan tema hari kemerdekaan dan Kegiatan lomba tersebut diadakan pada hari Selasa, 18 Agustus 2020 secara virtual melalui zoom meetings mulai pukul 09.00 – 11.00 wib.

Pada hari H, acara berjalan lancar dan teknis di lapangan berjalan sesuai dengan rencana dan terlihat pada dokumentasi kegiatan bahwa anak – anak telah mengikuti kegiatan dengan semangat dan khidmat yang kedepannya anak-anak TK Yasporbi II dapat menumbuhkan rasa nasionalisem dan patriotisme pada diri mereka, sehingga dimasa depan dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

You may also like

Leave a Comment