News Flash Education
Home Article MENGASAH KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING (PJBL) DI SMP YASPORBI II

MENGASAH KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING (PJBL) DI SMP YASPORBI II

June 17, 2022 0 comment

Jakarta, SMP Yasporbi II, Project Base Learning adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan cara berfikir dan kreativitasnya didalam pemecahan masalah dan  juga investigasi didalam prosesnya. Model pembelajaran PJBL ini tidak berorentasi pada hasil akhir, namun berorentasi pada prosesnya dimana ditekankan siswa dapat mencari jalan keluar dari suatu permasalahan yang ada disekitarnya, dan diakhir dapat menghasilkan produk ataupun jasa didalam solusinya.

Sekolah SMP YASPORBI II didalam pelaksanaan model pembelajaran ini dibagi dalam 3 grade, grade 7, 8 dan 9 dengan tema masing masing grade berbeda. Untuk grade 7 bertema tentang science disekitar kita, Grade 8 bertema, permasalahan sosial di sekitar kita, Grade 9 bertema tentang pemanfaatan sampah di sekitar kita.

Grade 7 menceritakan bagaimana system tata surya kita ternyata memiliki perbandingan yang khas antar planet didalam lintasan rotasi planetnya, siswa riset dan mempresentasikan hasil pengamatan dan observasi mereka melalui berbagai sumber media.

 Grade 8, melihat bahwa banyak kondisi sosial di sekitar sekolah yang kurang beruntung, sehingga mereka mencoba membantu dengan mengumpulkan uang bersama dengan cara berjualan dan kemudian mencoba riset untuk apa yang bisa di bantu kepada lingkungan sekitar mereka. Produk akhir siswa, setelah mereka melihat apa yang dibutuhkan disekelilingnya, siswa mulai implementasi solusi dan akhirnya sharing kepada tukang gorengan, tukang sayur  membantu gerobak dan juga tukang bubur bayi perlengkapan berjualan dan memasak.

Grade 9, mereka melihat permasalahan di lingkungan adalah sampah dan mencoba mengkreasikan apa yang dapat dibuat dari limbah yang ada yang masih dapat dihasilkan lebih bernilai. Produk hasilnya dengan menghasilkan baju adat beberapa daerah.

You may also like

Leave a Comment