News Flash Education
Home Berita MEMPERKENALKAN TANAMAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK YASPORBI II PASAR MINGGU

MEMPERKENALKAN TANAMAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK YASPORBI II PASAR MINGGU

December 29, 2021 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi II, Pagi ini cuaca cerah sekali, kelas sudah dimulai sejak pukul 07.30. Kebetulan saat itu adalah saat PTMT. Yaitu jadwal Pertemuan tatap muka terbatas. Siswa-siswi TK Yasporbi II, sangat antusias mempelajari sains, tentang mengenali tanaman.

Sebagaimana kita ketahui bahwa tanaman terdiri dari daun, batang, buah, akar, bunga, semua dijelaskan oleh para guru dengan lugas dan sangat detail, beserta fungsinya. Untuk pelajaran berhitung pun digunakan secara tematis menggunakan daun-daun kering, bunga serta batang tanaman. Memudahkan siswa memahami tema dan kaitannya dengan tanaman.

Guru pun secara langsung mengajak siswa keluar kelas untuk melihat tanaman secara langsung, ada tanaman yang berada di pot dan ditanam langsung diarea tanah.

Kebetulan sekali TK Yasporbi II memililki lokasi sekolah yang cukup luas, sehingga ada tempat untuk bercocok tanam, dimana ada tanaman bunga, dan tanaman obat. Siswa melihat dan memegang secara langsung, bagaimana tanaman tumbuh dan memiliki daun, cabang serta bunga.

Siswa sangat antusias melihat langsung tanaman tersebut, walau panas terik mataari pagi, mereka tetap ceria. Sekali-kali ada pertanyaan dari mereka, dan langsung cepat dijawab oleh para guru.

Guru juga dengan kreatif membuat video animasi sendiri untuk pembelajaran Bahasa, sehingga siswa mengetahui huruf apa saja yang digunakan untuk membaca pohon, daun, batang serta bunga. Melatih pemahaman dalam pengenalan terhadap huruf juga.

Yang terpenting dari materi ini adalah siswa memahami bahwa Tuhan yang menciptakan makhluk hidup seperti tanaman dan setiap bagian sangat berfungsi penting untuk pertumbuhannya, siswa belajar bersyukur akan ciptaanNya dan memahami apa itu tanaman sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. (Penulis: Tim media sosial TK Yasporbi II)

You may also like

Leave a Comment