News Flash Education
Home Berita MEMPERINGATI HUT RI KE-76 DI TENGAH PANDEMI

MEMPERINGATI HUT RI KE-76 DI TENGAH PANDEMI

August 23, 2021 0 comment

Jakarta, SMP Yasporbi II, Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal bersejarah untuk Indonesia. Pada hari tersebut, bangsa ini meraih kemerdekaannya yang sudah diperjuangkan selama bertahun-tahun. Untuk menghargai perjuangan tersebut, setiap tahun bangsa Indonesia merayakan hari besar ini tepat pada tanggal 17 Agustus. Upacara juga dilakukan secara besar-besaran di Istana Negara.

Namun, tahun ini bangsa Indonesia harus merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-76 dengan sedikit berbeda. Lomba-lomba yang biasanya diadakan di sekolah, harus diadakan secara virtual. Hal tersebut karena pandemi covid-19 yang masih belum usai. Masyarakat masih dihimbau untuk tetap dirumah.

Tetapi, pandemi ini tidak dapat mengalahkan nasionalisme masyarakat Indonesia. Sekolah-sekolah masih mengadakan perlombaan secara virtual. Begitu pula di SMP Yasporbi II, dengan penuh semangat tetap mengadakan beberapa lomba, yaitu:

  1. Lomba Poster

Peserta didik dapat membuat poster secara digital (melalui aplikasi) maupun manual. Poster terbaik dapat dijadikan pemenang. Lomba ini diadakan untuk melatih kreativitas para siswa-siswi.

Karya peserta lomba Poster

2. Lomba Kostum

Lomba kostum ini diikuti oleh peserta didiki dengan berpakaian sesuai tema kemerdekaan. Selain itu, berpakaian layaknya pahlawan-pahlawan Indonesia juga merupakan ide bagus. Lomba ini dapat melatih kreativitas siswa-siswi dan sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang bangsa.

Pose peserta Lomba Kostum yang mengenakan pakaian Adat

3. Lomba TikTok

Peserta didik membuat video mengenai kemerdekaan atau HUT RI
ke-76, lalu akan di uploud di akun TikTok SMP Yasporbi II.

3. Lomba Menyanyi

Salah satu cara menghargai para pahlawan tentunya dituangkan dalam lagu-lagu wajib nasional. Dan dengan semangat 45 nya, peserta didik sangat antusias mengikuti lomba menyanyi sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan

Lomba menyanyi lagu kemerdekaan secara virtual

5. Quizizz dan Cerdas Cermat

Lomba ini diadakan untuk melatih pengetahuan peserta didik  mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dokumentasi Lomba Cerdas Cermat dan Quiziz

6. Lomba Pidato

Untuk mendengar semangat siswa-siswi mengenai HUT RI ke-76. Semangat para siswa juga dapat kami rasakan melalui pidato tersebut.

Peserta Lomba Pidato tema Kemerdekaan

Upacara yang biasanya diadakan di sekolah pun dilakukan secara virtual. SMP Yasporbi II pun mengadakan upacara virtual tepat pada tanggal 17 Agustus nanti. Sementara itu, upacara tetap diadakan di Istana Negara walaupun dengan sedikit berbeda. Suasana Istana Negara tidak akan seramai biasanya, dan yang menghadiri upacara juga tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Tetapi seperti biasanya, kita dapat melihat upacara tersebut melalu siaran di televisi.

Pada HUT RI ke-76 ini, masyarakat akan terus berdoa agar Indonesia dapat kembali pulih seperti biasa. Dengan kasus positif Covid-19 yang terus bertambah, mari kita terus mematuhi protokol kesehatan. (Penulis: Nur Tsabita Aqdami)

You may also like

Leave a Comment