News Flash Education
Home Article MEMPELAJARI NILAI PERJALANAN BANGSA MELALUI SUMPAH PEMUDA

MEMPELAJARI NILAI PERJALANAN BANGSA MELALUI SUMPAH PEMUDA

November 28, 2021 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Masa pandemi tidak menghalangi para siswa SMA Yasporbi untuk mempelajari sejarah.  Mengunjungi museum merupakan salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai perjalanan sejarah bangsa kepada para siswa.  Dalam rangka  peringatan 93 tahun Sumpah Pemuda, SMA Yasporbi mengadakan tur virtual ke museum Sumpah Pemuda. Konsep virtual dipilih karena masih dalam suasana pembelajaran tatap muka terbatas. Acara ini merupakan implementasi agenda kegiatan sekolah, yaitu field trip.

Acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Kegiatan tur virtual ini diikuti seluruh siswa SMA Yasporbi, dewan guru, dan pegawai.  Aisya Latifa, pengurus OSIS (kelas X), bertindak selaku pembawa acara. Dari Museum Sumpah Pemuda, hadir Ibu Setyo Wahyuni dan Bapak Eko Septian Saputra sebagai pemandu.

Ibu Setyo dan Bapak Eko seakan mengajak para peserta melakukan perjalanan waktu ke suasana Kongres Pemuda II tahun 1928. Para peserta diajak untuk mengelilingi seluruh jejak museum sambil diberikan wawasan tentang peristiwa atau tokoh-tokoh yang berperan penting saat perhelatan monumental tersebut.  Kegiatan ini menarik perhatian para siswa karena dapat melihat langsung secara virtual kondisi di dalam museum beserta tokoh dan peristiwa yang menyertainya.

Setelah selesai melakukan tur vitual, dibuka sesi tanya jawab. Antusiasme peserta sangat tinggi dalam memberikan pertanyaan. Para penanya terlihat tidak hanya siswa, tetapi juga beberapa guru ikut memberikan pertanyaan kepada dua pemandu. 

Selain menanamkan nilai-nilai sejarah perjalanan bangsa, kegiatan ini juga melatih karakter siswa. Beberapa karakter yang dapat dibangun dari kegiatan ini adalah disiplin mengikuti kegiatan dari awal, aktif memberikan tanya jawab, dan menulis ringkasan dari kegiatan ini untuk diberikan nilai tambahan untuk bidang studi sejarah. (Penulis: Tim media sosial SMA Yasporbi)

You may also like

Leave a Comment