News Flash Education
Home Berita MEMBANGUN SEMANGAT LITERASI LEWAT BUKU GURU SMP YASPORBI I TERBITKAN BUKU PEGANGAN MATA KULIAH UMUM

MEMBANGUN SEMANGAT LITERASI LEWAT BUKU GURU SMP YASPORBI I TERBITKAN BUKU PEGANGAN MATA KULIAH UMUM

October 2, 2020 0 comment

Jakarta, SMP Yasporbi I, Ilham Tachril merupakan guru SMP Yasporbi I yang telah meluncurkan buku pertamanya dengan judul Dilema Transformasi Kearifan Lokal Masyarakat Adat Baduy, berkolaborasi dengan Kepala Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Jakarta, Dr. Budiaman, M.Si. Peluncuran buku ini diadakan pada 22 Juli 2020 di Gedung Sertifikasi Guru, Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan peluncuran ini tidak dilaksanakan dengan seremonial dikarenakan pandemi Covid-19 di Jakarta yang masih tinggi sehingga dilakukan secara sederhana dan penuh khidmat.

“Peluncuran buku ini ditujukan sebagai pengembangan budaya literasi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang saat ini perlu mengetahui tentang sistem kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya di Baduy, jangan sampai anak muda generasi milenial tidak tahu tentang sistem kebudayaan dan pola perubahan perilaku karena terbawa arus modernisasi dan tergilas globalisasi karena adat istiadat, perlu dipahami dan dimengerti generasi sekarang,” tutur Ilham Tachril (22/07/2020). Penulis yang juga menjadi Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini, memang aktif dalam menulis beberapa artikel dan jurnal dalam beberapa kesempatan.

Cover buku “Dilema Transformasi Kearifan Lokal Masyarakat Adat Baduy”
(Sumber : Ilham Tachril)
Penulis dengan tim penulis lainnya (Ahmad Mukrim dan Dr. Budiaman, M. Si)
(Sumber : Ilham Tachril)

Peluncuran buku ini memiliki dua tahap, tahap pertama peluncuran secara lokal di lingkungan Universitas Negeri Jakarta dan tahap kedua akan dikomersilkan di toko-toko buku yang ada di Jakarta dan sekitarnya. “Nantinya buku ini  akan dipakai oleh mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta Prodi Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai buku pegangan pengantar Mata Kuliah Antropologi Pembangunan, kemudian akan dijual umum komersil di toko-toko buku setelah tahap pertama rampung, InsyaAllah bulan November atau Desember 2020 tahap pertama selesai dan fokus pada tahap kedua agar bisa bermanfaat bagi penikmat buku kebudayaan,” tutur Ilham Tachril (22/07/2020).

Pada kesempatan lain, General Manager Yasporbi, Edi Rahmat, sangat mengapresiasi peluncuran buku dan mendukung upaya yang dilakukan oleh salah satu tenaga pendidik di Sekolah Yasporbi tersebut. Beliau berpesan agar selalu menulis dan selalu berkarya untuk meningkatkan literasi baik dari menulis dan membaca bagi murid juga guru-guru khususnya di lingkungan Yasporbi, serta berharap ada terobosan dan ide-ide baru khususnya untuk Yasporbi dalam menjalankan amanat undang-undang dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan adanya peluncuran buku tersebut, diharapkan menjadi stimulus untuk berkarya dan berprestasi untuk Yasporbi baik di tingkat Nasional maupun Internasional. (AL)

You may also like

Leave a Comment