News Flash Education
Home Berita MELATIH MEMBUAT KARYA TULIS SMP YASPORBI II

MELATIH MEMBUAT KARYA TULIS SMP YASPORBI II

October 25, 2021 0 comment

Jakarta, SMP Yasporbi II, Banyak dari siswa dan bahkan kita yang seringkali enggan untuk menulis, karena mungkin banyak sekali yang ditakutkan ketika menulis. Terkadang kurang percaya diri, ataupun kurang berani untuk memulainya.

Bersama Kak Faisal Syahreza, yang merupakan penulis dari hikayat pemanen kentang, Partitur Hujan, memeluk Kehilangan dan sejumlah tulisan menarik lainnya, sekolah SMP Yasporbi II mengadakan pelatihan menulis.

Diawali dengan penyampaian tips-tips dalam membuat tulisan, diantaranya membuat deskripsi dari latar sebuah cerita, apa yang bisa dilihat, apa yang bisa didengar, apa yang bisa dirasa, diraba, dicium dengan indra penciuman, seluruhnya dituangkan di dalam penulisan yang akan dibuat.

Mendeskripsikan tokoh, bagaimana ciri fisiknya, bagaimana sifatnya, apa kelakuan uniknya, bagaimana motifnya, apa keinginan dari tokoh, melakukan apa si tokoh ini, dan sebagainya, semua dikupas tuntas oleh Kak Faisal.

Setelah mendapatkan pencerahan didalam masalah menulis, siswa diminta untuk membuat karya mereka dalam waktu 45 menit. Karya yang diminta oleh Kak Faisal bukanlah cerita yang penuh, diawali dengan cerita pembukaan, namun ternyata, banyak dari siswa siswi SMP Yasporbi II yang berhasil membuat cerita penuh hanya dalam waktu singkat, dan dengan kualitas yang baik.

Kak Faisal pun terkagum-kagum dengan kemampuan siswa SMP Yasporbi II didalam hasil menulis mereka. Ide yang dituangkan oleh siswa sangat beragam, variatif dan menarik. Hal ini sangat tidak diduga oleh Kak Faisal.

Keantusiasan siswa SMP Yasporbi II dalam mengikuti pelatihan menulis yang diberikan selama 2 hari ini, ternyata berbuah sangat baik, banyak siswa yang awalnya ragu bahkan tidak mengetahui bahwa dia pandai dalam menulis, menemukan passionnya didalam menulis.

Contoh karya tulis Siswa SMP Yasporbi II yang diunggah di Wattpad

Ayo semangat menulis!

You may also like

Leave a Comment