Home Berita MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMA YASPORBI TAHUN AJARAN 2020/2021

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMA YASPORBI TAHUN AJARAN 2020/2021

July 16, 2020 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Sejalan dengan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menetapkan bahwa sistem pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh. SMA Yasporbi siap dengan segala skema yang ditentukan oleh dinas pendidikan selaku regulator pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, karena SMA Yasporbi sudah memitigasi segala kemungkinan proses pembelajaran selama masih dalam pandemi covid 19. Para siswa, guru, maupun orang tua siap memasuki tahun ajaran baru dengan penuh kegembiraan walaupun belum bisa bertatap muka secara langsung disekolah.

Untuk siswa baru tahun pelajaran baru ditandai dengan kegiatan yang mengenalkan mereka tentang lingkungan sekolah yang sering disebut dengan MPLS, SMA Yasporbi memiliki slogan tersendiri dalam pelaksanaan MPLS, yakni bermartabat. Kegiatan MPLS masih mengacu pada Permendikbud No. 18 Tahun 2016, didalam permendikbud tersebut jelas dan tegas tentang tujuan dan skema atau aturan yang harus diterapkan dalam proses MPLS tersebut. MPLS didalam Permendikbud bertujuan :

  • Mengenali potensi diri siswa baru;
  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  • Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  • Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  • Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Kepala SMA Yasporbi, Maman Darusman mengungkapkan, SMA Yasporbi menerapkan MPLS yang bermartabat yang tidak akan lari dari tata tertib dan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah baik kementerian atau dinas pendidikan, dan ia memastikan seluruh perangkat sudah siap.

“Baik guru, karyawan, dan perangkat PJJ insyaallah sudah siap untuk wujudkan kegiatan ini demi anak anak siswa baru,” ujar Maman Darusman saat membuka kegiatan MPLS, Senin, 13 Juli 2020.

Sebelum memulai kegiatan MPLS, para siswa baru telah mendapatkan sosialisasi terlebih dahulu tentang jadwal dan program kegiatan yang akan diterima saat MPLS selama tiga hari. Ketua pelaksana MPLS, menyampaikan bahwa kegiatan ini ditangani sepenuhnya oleh guru dan materi yang akan disampaikan adalah materi yang telah direkomendasikan dalam Permendikbud itu sendiri.

“ Panitia seluruhnya adalah guru, perangkat sudah siap, pemateri baik dari internal kami atau dari luar sudah kami siapkan untuk kelancaran kegiatan ini. Salah satunya adalah materi dari Badan Narkotika Nasional DKI Jakarta tentang pencegahan pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkotika obat terlarang, ini sudah disiapkan secara matang, tutur Robi Saat sosialisasi MPLS.

Pada MPLS tersebut, siswa baru diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, khususnya warga sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Dengan begitu diharapkan siswa akan mengenal lingkungan sekolah dengan baik. (RB)

You may also like

Leave a Comment