News Flash Education
Home Article MANFAAT BERMAIN HAND PUPPET UNTUK ANAK USIA DINI

MANFAAT BERMAIN HAND PUPPET UNTUK ANAK USIA DINI

May 20, 2022 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi III, Bercerita dengan handpuppet untuk anak usia dini merupakan salah satu alat peraga edukatif yang efektif dalam proses pembelajaran. Karena bercerita menggunakan boneka tangan, anak-anak akan tertarik, mulai dari boneka tangan berbentuk binatang, aneka tokoh kartun kesayangan anak, dan lain-lain. Memperkenalkan berbagai aspek kehidupan sehari-hari melalui alat peraga boneka, mampu menstimulasi perkembangan kemampuan kerja otak anak.

TK Yasporbi III Kemanggisan, telah mengadakan kegiatan Hand Puppet Show, bercerita tentang saling memaafkan. Kegiatan ini, berisikan nilai-nilai 7 kebiasaan baik atau yang biasa disebut 7 Habits. Pesan moral dari cerita ini adalah membiasakan anak-anak untuk Be Proactive dan Synergize.

Manfaat dari kegiatan ini adalah :

Membantu anak untuk mengembangkan komunikasi

Saat bermain hand puppet anak dapat menyalurkan ide-ide dan pemikirannya secara bebas sehingga melatih keterampilan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Dengan demikian, hal ini bisa sekaligus merangsang kreativitasnya.

-Membantu melatih Motorik Anak

Area penting dalam perkembangan kecerdasan anak, salah satunya ialah kecerdasan motorik.Bermain boneka tangan juga bisa melatih keterampilan motorik halus anak, karena melibatkan gerakan jari-jari tangan.

-Membantu melatih konsentrasi anak

Saat anak mendengarkan cerita melalui boneka tangan, anak duduk diam selama beberapa waktu. Aktivitas mendengarkan cerita, baik bagi perkembangan anak, sehingga akan mudah menangkap pesan dengan cara yang menyenangkan.

(Penulis: Tim Social Media TK Yasporbi III)

You may also like

Leave a Comment