News Flash Education
Home Berita KOMIK FISIKA KARYA SISWA-SISWI SMA YASPORBI : SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF DAN INOVATIF DALAM BELAJAR

KOMIK FISIKA KARYA SISWA-SISWI SMA YASPORBI : SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF DAN INOVATIF DALAM BELAJAR

December 28, 2021 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi. Mata pelajaran Fisika mungkin bagi sebagian siswa merupakan mata pelajaran yang sulit dan kurang menyenangkan. Sebagai pendidik tentu menjadi kewajiban mencari solusi dari masalah tersebut. Menyajikan materi ke dalam suatu media pembelajaran yang asik dan menyenangkan menjadi jawaban dari tantangan kurangnya minat siswa dalam belajar Fisika.

Salah satu media pembelajaran yang menarik yaitu menyajikan materi fisika dalam bentuk komik, dimana dalam komik tersebut materi Fisika didukung oleh gambar yang penuh warna serta cerita yang terkandung dalam komik sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi. Media pembelajaran dalam bentuk komik tidak hanya menjadi media yang asik dan menyenangkan namun tentu saja dapat menumbuhkan karakter kreatif dan inovatif dalam diri siswa.

Pada bulan November- Desember Siswa-siswi SMA Yasporbi mampu menuangkan ide kreatif dan inovatifnya dalam sebuah karya Komik Fisika. Komik tersebut bahkan diikutsertakan dalam Lomba Pre-Event Eureka yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung.  SMA Yasporbi mengirimkan tiga tim sekaligus untuk ikut memeriahkan acara tersebut.

Tim satu yang terdiri dari Zaindra, Rafi, dan Authar. Mereka menuangkan materi Dilatasi Waktu dalam sebuah komik Fisika bergenre Komedi. Tim dua terdiri dari Rana, Farahdiba dan Jihan. Mereka menuangkan materi Fluida dalam komik storytelling. Terakhir, Pria Rakha secara individu menuangkan materi Gravitasi dalam bentuk komik bergenre Science Fiction.

Karya mereka sudah dibaca oleh ratusan akun di Instagram, bahkan mendapatkan likes dan komentar yang positif dari netizen Instagram.

Komik Fisika tersebut menjadi sebuah karya yang patut untuk diberikan apresiasi. Dengan adanya komik tersebut belajar Fisika tidak selalu menjadi hal yang sulit dan tidak menyenangkan. Karya mereka dapat digunakan sebagai media belajar yang asik, menyenangkan sekaligus menjadi wadah untuk meningkatkan karakter Kreatif dan Inovatif. (Penulis : Sarinah)  

You may also like

Leave a Comment