News Flash Education
Home Berita JAGA INTEGRITAS: PELAKSANAAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER SMA YASPORBI GUNAKAN DUA DEVICE

JAGA INTEGRITAS: PELAKSANAAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER SMA YASPORBI GUNAKAN DUA DEVICE

December 28, 2021 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi- Pelaksanaan penilaian akhir semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 SMA Yasporbi dilaksanakan secara daring sejak tanggal 02 sampai tanggal 10 Desember 2021, PAS dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi yang mengukur pencapaian hasil kompetensi belajar siswa yang diajarkan oleh guru selama satu semester. Untuk mendapatkan hasil yang obyektif dan dapat mencerminkan hasil kompetensi belajar siswa yang sesungguhnya maka pelaksanaan PAS harus menjunjung tinggi kejujuran dan integritas. Dalam proses pelaksanaan secara daring tentu memiliki hambatan tersendiri dalam hal pengawasan ujian mengingat siswa melaksanakan ujian dari rumah masing-masing. Untuk menerapkan kejujuran dan mencegah tindakan diluar tata tertib PAS,  maka dalam pelaksanaan PAS di SMA Yasporbi diterapkan penggunaan dua device, dimana dua device ini gunakan masing-masing untuk mengakses soal dan mengakses Zoom yang dapat melihat aktivitas siswa yang tengah melaksankan PAS.

Penggunaan dua device dalam PAS, diawali dengan mensosialisasikan maksud dan tujuan kepada orang tua siswa dan siswa itu sendiri, dan selanjutnya membekali secara teknis kepada siswa dalam penggunaan dua device. Hal ini tidak mendapatkan pertentangan dari orang tua siswa dan siswa, karena maksud dan tujuan ini sangatlah baik dan menanamkan nilai integritas siswa, dan hasil yang akan didapatkan siswa benar-benar menggambarkan capaian kompetensi akademik siswa selama satu semester.

Hasil itu penting namun Integritas dan Kejujuran itu yang utama itulah motto yang kita angkat dalam setiap pelaksanaan evaluasi belajar, karakter jujur dan integritas kami terus tanamkan kepada seluruh siswa dan stake holder di SMA Yasporbi, hal ini selaras dengan nilai-nilai keyasporbian yang tertuang dalam 10 Yasporbian basis yang terus kita internalisasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

Basis Yasporbian ke-2 yakni Trus-Integrity dimaksudkan bahwa karakter peserta didik di SMA Yasporbi harus memiliki keyakinan, kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri dengan tetap menjaga integritas dan nilai-nilai kejujuran. Kami menyadari akademik penting namun penanaman karakter jauh lebih penting maka untuk menanamkan hal tersebut khususnya dalam pelaksanaan PAS, SMA Yasporbi menggunakan dua device dan telah dilaksanakan secara baik dan lancar. (Penulis: Robi Kurniawan)

You may also like