News Flash Education
Home Berita INSPIRING TEACHER SMA YASPORBI, GENERASI MUDA: ANTARA PELUANG DAN TANTANGAN YANG DIHADAPI SAAT INI

INSPIRING TEACHER SMA YASPORBI, GENERASI MUDA: ANTARA PELUANG DAN TANTANGAN YANG DIHADAPI SAAT INI

November 29, 2021 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Penguatan karakter menjadi salah satu tujuan pendidikan di SMA Yasporbi selain dari peningkatan kemampuan akademik. Karakter yang baik, kuat dan memiliki growth mindset sudah menjadi tujuan kami dalam proses pendidikan di sekolah SMA Yasporbi dengan diimplementasikkan kedalam program-program sekolah, Program utama dan unggulan kami adalah Leader In Me yang sudah tahun ke 2 kami laksankan secara baik, disamping program LIM ada beberapa program dalam menumbuhkembangkan karakter salah satunya adalah program inspiring teacher, dimana dimaksudkan untuk mendapat inspirasi dan pengalaman dari orang yang memiliki kompetensi dibidangnya dalam memberikan inspirasi motivasi dan penumbuhan karakter.

Program Inspiring Teacher kali ini mengangkat tema tentang memaksimalkan masa muda dengan peluang dan tantangan yang dihadapi, sebagai narasumber SMA Yasporbi menghadirkan Dir Intelkam Polda Sumatera Selatan Bpk. Kombes Ratno Kuncoro. Beliau berbicara tentang tantangan dan peluang masa depan anak-anak muda saat ini, ia menyampaikan bahwa sebagai remaja sangat rentan akan hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi kehidupannya, contoh kenakalan remaja, pergaulan bebas bahkan cenderung tindakan kriminalitas. “ Masa remaja jika tidak dibentengi dengan karakter yang kuat, dan penanaman budi pekerti yang baik akan sangat mudah terbawa arus pergaulan yang dapat menjerumuskannya dirinya sendiri” Ujarnya saat mengawali proses pembicaraan.

Pemaparan materi oleh Bpk. Kombes Ratno Kuncoro (Dir Intelkam Polda Sumatera Selatan)

Sebagai orang yang dekat dengan urusan kenakalan dan kriminalitas tidak sedikit yang tersangkut kasus kriminalitas sebagian besarnya adalah dilakukan dan dialami oleh usia remaja atau anak muda. Ia menyampaikan masalah yang dihadapkan diantaranya kenakalan remaja, narkoba, pergaulan bebas, tawuran antar pelajar dan lain sebagainya. Ia berpesan sekaligus memberikan motivasi kepada siswa SMA Yasporbi, bahwa gunakan masa remaja mu untuk belajar, bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan yang baik, berfikir jauh kedepan untuk menggapai impian masa depanmu.  “ Anak-anaku, bapak hanya ingin memotivasi kepada kalian semua, bahwa siapkan diri kalian sebaik-baiknya dari sekarang, belajar yang baik, bersosialisasi dengan baik dan lingkungan yang baik, jangan mudah terpengaruh hal-hal negatif, berfikir untuk menimbang baik-buruknya dari tindakan kita” ungkapnya

Selanjutnya diakhir pembicaraan ia menyampaikan motivasi bahwa apa yang kita tanam, itu yang akan kita tuai, artinya jika kalian sudah menyiapkan diri dengan baik, hasil yang akan kalian dapatkan juga akan baik, berfikir jauh kedepan 10 tahun mendatang kalian ingin menjadi apa, harus seperti apa, maka persiapakan dari saat ini jangan sia-siakan masa mudamu dengan hal-hal negatif. Karakter kalian harus kuat, tantangan semakin berat, hanya yang siap dan berkarakter yang akan mampu bisa melewati tantangan ini. Kegiatan inspiring teacher diikuti oleh seluruh siswa dari kelas X sampai dengan kelas XII dan tak ketinggalan juga Bapak/Ibu Guru, selama kegiatan seluruhnya dipandu dan dilaksnakan oleh siswa, baik MC, moderator dan Host Zoom Meeting. Selama kegiatan seluruh siswa menyimak dan melakukan diskusi dalam proses tanya jawab, SMA Yasporbi akan terus menitikberatkan karakter sebagai tujuan pendidikan disamping penguatan kemampuan akademik, keseimbangan menjadi kunci keberhasilan pendidikan yakni Karakter dan Akademik. (Penulis: Robi Kurniawan)

You may also like

Leave a Comment