News Flash Education
Home Berita IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA : SMA YASPORBI MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PENGUATAN PEMAHAMAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA : SMA YASPORBI MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PENGUATAN PEMAHAMAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

May 30, 2022 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Tahun Pelajaran Baru 2022/2023 dengan dikeluarkannya kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem akan diterapkan kurikulum baru dengan nama Kurikulum Merdeka Belajar, maka dalam mempersiapkan sistem pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka Belajar, SMA Yasporbi Jakarta menyelenggarakan pelaksanaan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar yang dilaksanakan pada sabtu, tanggal 21 Mei 2022.  Kegiatan Workshop tersebut mengangkat tema “Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Pendidik SMA Yasporbi Jakarta”, dan diikuti oleh seluruh Guru SMA Yasporbi Jakarta.

Kepala Sekolah SMA Yasporbi Jakarta Maman Darusman sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa kegiatan Workshop tersebut menghadirkan narasumber Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Yaitu DR. Iceu Rufiana, M.Pd.

Ir. Maman Darusman Kepala SMA Yasporbi saat memberikan pengarahan dan pembukaan acara Workshop

Maman Darusman mengatakan, bahwa kegiatan workshop ini merupakan sarana penguatan pembelajaran bagi guru. Terutama guru kelas X, agar mempersiapkan dengan baik dengan cara mendalami Kurikulum Merdeka Belajar.

“Melalui workshop ini, diharapkan seluruh bapak dan ibu guru bisa membuat praktik pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. Menggunakan pembelajaran diferensiasi, dan mampu membawa perubahan proses pembelajaran yang tetap berpusat pada peserta didik” kata Maman Darusman, saat memberikan sambutan diawal kegiatan, Sabtu (21/05/2022).

Guru SMA Yasporbi peserta workshop sedang fokus mengikuti workshop

Melalui workshop ini, pihaknya berharap, seluruh guru di SMA Yasporbi Jakarta semakin paham dan mampu menerapkan pembelajaran melalui metode diferensiasi, meskipun menurutnya metode pembelajaran diferensiasi tidak mudah, namun cukup bisa kita terapkan dengan catatan guru mampu menguasai materi serta memahami karakter peserta didik.

“Selain itu, guru juga diharapkan  untuk memahami apa saja kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran,” tambahnya.

Selain itu pula, Saat memberikan materi Implementasi kurikulum Merdeka, Pengawas Dinas Sebagai Narasumber Workshop, DR Iceu Rufiana M.Pd, turut memberikan apresiasi terhadap diselenggarakannya workshop yang digelar SMA Yasporbi Jakarta, karena menurutnya kegiatan tersebut akan sangat membantu para guru untuk lebih memahami Kurikulum Merdeka Belajar.

DR. Iceu Rufiana saat memberikan materi workshop IKM

“Setelah kegiatan ini kami harapakan  para guru dapat lebih memahami, apa yang benar-benar dibutuhkan oleh peserta didik ketika pembelajaran, terutama kelas X” ujarnya.

Selain itu Iceu Rufiana, mengatakan bahwa seluruh peserta workshop sangat antusias dalam menerima materi workshop sehingga menjadi modal besar dalam suksesi penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Yasporbi.

“Peserta workshop sangat luar biasa, sangat antusias dan cukup aktif, walaupun sudah mendapatkan pemahaman tentang IKM di berbagai pertemuan, namun tetap haus untuk menambah pemahaman, saya sampaikan terima kasih atas semangatnya,” pungkasnya.
(Penulis: Robi Kurniawan)

You may also like

Leave a Comment