Guru profesional dan berkarakter harus dibangun dari sejumlah kompetensi yang saling terkait satu sama lainnya. Kompetensi kepribadian dijadikan fondasi bagi kompetensi lainnya. Sedangkan kompetensi pedagogik dan profesional yang berpijak pada kompetensi kepribadian harus berfungsi untuk menopang kompetensi sosial sebagai manifestasi publik terhadap kualitas profesionalisme guru pada sekolah SMP YASPORBI 2. Dalam teorinya peserta didik akan mengamati dan meniru perilaku guru sebagai model atau teladan khususnya dalam proses pembelajaran. Teori ini memberikan gambaran secara prosedural tentang tahap-tahap yang harus dilalui oleh peserta didik dalam meneladani sosok guru sehingga proses peneladanan dapat diterapkan dengan jelas dan berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Adapun manfaat bagi guru adalah dalam rangka untuk menyesuaikan sikap agar perilaku guru efektif sebagai teladan sehingga mendukung proses pembentukan kepribadian peserta didik.

Adapun proses belajar diatur oleh empat proses yang saling terkait yaitu proses pemerhatian, proses retensi, proses reproduksi motorik, dan proses motivasional :
- proses pemerhatian berkaitan dengan karakteristik guru sebagai model yang memengaruhi proses belajar peserta didik. Guru yang memiliki daya tarik interpersonal tinggi lebih mudah ditiru daripada yang tidak.
- proses retensi digambarkan ketika peserta didik mengamati perilaku seorang guru dan segera menirunya lalu di lain kesempatan menggunakannya sebagai panduan untuk bertindak.
- proses reproduksi motorik. Dalam rangka meniru model, peserta didik akan mengubah representasi simbolis dari pengamatan ke bentuk tindakan.
- proses motivasi. Seorang individu ataupun peserta didik melakukan sebuah perilaku seperti yang dilakukan model, apabila perilaku tersebut dinilai oleh peserta didik memiliki konsekuensi yang baik.
Proses antara guru dan siswa di kelas tidak melulu tentang pengajaran yang bermuara pada peningkatan kemampuan kognitif siswa. Aspek penting lain adalah pengembangan sikap dan karakter siswa. Proses ini menempatkan guru sebagai role model bagi siswa-siswi. Sederhananya guru mesti menjadi panutan. Untuk menjadi panutan, alat ukur sederhananya adalah konsistensi antara ucapan dan perbuatan. Bukan tidak mungkin, dengan konsistensi guru seperti itu, kemudian akan lahir dalam benak siswa, sosok pendidik inspiratif. Dengan menjadi sumber inspirasi bagi siswa-siswi, pada tataran itu, seorang pendidik telah mampu membangun chemistry dirinya dengan para pembelajar. Sekali lagi, dengan chemistry itu guru punya beberapa pintu masuk untuk misalnya, mengangkat prestasi siswa melalui metode dan media belajar yang membuat siswa nyaman di kelas, atau ketika ingin membakar motivasi belajar siswa. Menurut CEO & Founder Elite Tutors Indonesia, Sumarsono, seperti dikutip Kompas.com (16/9/2016) “Guru harus memiliki dua kualitas utama, kualitas latar belakang akademik dan kepribadian menarik”.
Disekolah SMP YASPORBI 2, role model sudah menjadi budaya, sehingga tak jarang prestasi siswa dibarengi pula dengan prestasi para guru dan kepala sekolahnya.
Dalam proses pengembangan peserta didik, smp yasporbi 2 mengembangkan berbagai teknik pendekatan, salah satunya adalah menggunakan EFT dan Sujok.
EFT adalah Emotional Freedom Teknik, dimana teknik ini diterapkan kepada para siswa untuk meningkatkan kemauan belajar siswa dan juga meningkatkan fokus siswa dalam belajar. Sedangkan Sujok adalah teknik pewarnaan yang dalam aplikasinya bertujuan sama seperti EFT, hanya untuk tahap yang lebih ringan, yang di gunakan untuk membantu siswa lebih memfokuskan diri dan melepaskan diri dari permasalahn baik kesehatan maupun psikologis. Seluruh metode ini telah di aplikasikan kepada seluruh siswa khususnya kelas 9, dengan pemantauan hasil belajar di setiap bulannya. Alhamdulilah hasil yang diperoleh bisa mendapatkan prestasi yang luar biasa. Siswa atas Nama M. Ardell Bagas AlFatih mampu meraih nilai tertinggi 100 untuk nilai UNBK mata pelajaran Matematika, dan total nilai UNBK nya 383,5 atau rata-rata nilai =95.875 diikuti oleh Kevin Adam Bilhaq dengan perolehan nilai 371,5 atau rata-rata nilai = 92,875. Selamat nak, atas torehan prestasi kalian, semoga kesuksesan serta kebarokahan selalu menyerta kalian. Aamminnn..