News Flash Education
Home Berita EKSPERIMEN “SHADOW” GRADE 3 SD YASPORBI I PANCORAN

EKSPERIMEN “SHADOW” GRADE 3 SD YASPORBI I PANCORAN

June 17, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Hallo Yasporbians, apakah kalian tahu bagaimana cara menentukan waktu tanpa menggunakan jam digital? Ya, pada zaman dahulu di peradaban kuno, manusia menggunakan bayangan benda yang tercipta akibat adanya sinar matahari untuk mengetahui waktu atau biasa dikenal dengan “sundial” alias jam matahari.

Mengutip dari id.wikipedia.org, Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan perangkat ini dibuat. Jam Matahari tertua yang pernah ditemukan, kebanyakan berasal dari Yunani, berupa sebuah bentukan sirkuler dengan penanda di tengah yang ditemukan oleh Chaldean Berosis, yang hidup sekitar 340 SM. Beberapa artefak jam matahari lain ditemukan, di Tivoli, Italia tahun 1746, di Castel Nuovo dan Rigano tahun 1751, dan di Pompeii tahun 1762.

Nah kali ini, grade 3 melakukan sebuah percobaan untuk menirukan pemanfaatan cahaya matahari dalam menentukan waktu menggunakan barang-barang sederhana. Yaitu menggunakan cahaya senter sebagai pengganti sinar matahari, dan benda-benda yang ada di kelas, seperti kotak pensil, botol minum, pensil, penghapus, dan lain sebagainya. Dengan praktik dan mengobservasi kegiatan ini, teman-teman dari grade 3 mengetahui bahwa cahaya dapat menciptakan bayangan pada benda, dan bayangan bisa menjadi lebih Panjang atau pendek tergantung dari posisi senter.

Seru bukan eksperimen kali ini? Apakah kamu pernah mencoba eksperimen ini? Jika belum, silahkan coba di rumah!

You may also like

Leave a Comment