News Flash Education
Home Berita COOKING CLASS LEVEL 1, 2, dan 3 SD YASPORBI III

COOKING CLASS LEVEL 1, 2, dan 3 SD YASPORBI III

August 21, 2021 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi III, Tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Cooking Class selalu dilaksanakan secara langsung di sekolah, sehingga guru dan juga peserta didik dapat merasakan keseruan memasak bersama di level kelas masing-masing. Tahun ini untuk pertama kalinya kegiatan cooking class dilaksanakan secara virtual, karena adanya pandemi Covid 19. Meskipun begitu, kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar dan juga menarik. Cooking Class secara daring tentu tidak kalah seru dibandingkan dengan Cooking Class secara luring.

Kegiatan Cooking Class tetap dilaksanakan meski secara daring karena kegiatan ini sangat penting. Selain untuk mengembangkan life skill siswa serta tanggung jawab, hal tersebut terlihat pada siswa yang memiliki perannya sendiri dalam mempersiapkan alat dan bahan sebelum kegiatan Cooking Class dimulai, siswa juga bertanggung jawab untuk membersihkan perlengkapan memasaknya setelah kegiatan ini berakhir. Selain itu, kegiatan ini juga dapat melatih berfikir kritis dan problem solving. Kegiatan Cooking Class memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada siswa dalam merencanakan pembuatan makanan dan minuman yang lezat dan juga bergizi. Kegiatan Cooking Class juga berhubungan dengan 3 mata pelajaran utama, seperti math, English/Bahasa Indonesia dan Science.

Proses kegiatan Cooking Class Level 2

Tema yang diangkat pada kegiatan Cooking Class tahun ini adalah “healthy meal”, setiap level kelas memilih menu masing-masing. Level 1 membuat choco ball dan fresh lemonade, level 2 membuat sandwich dan susu cokelat, kemudian level 3 membuat choco lava dan homemade ice cream. Seluruh siswa sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan Cooking Class ini. Hal tersebut dapat dilihat pada saat siswa-siswi menerima alat dan bahan yang sudah disiapkan oleh sekolah, 2 hari sebelum diadakannya kegiatan Cooking Class di masing-masing level.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam ini terasa sangat singkat. Bahkan banyak siswa yang meminta penambahan waktu untuk membuat variasi menu lain. Ada beberapa siswa pula yang mengusulkan untuk diadakan Cooking Class setiap satu bulan sekali. Begitulah kira-kira antusiasme siswa-siswi SD Yaporbi III terhadap kegiatan cooking class ini. Meskipun secara daring, namun hal tersebut tidak menghalangi siswa untuk mengeluarkan kreatifitasnya dalam membuat “healthy meal”

Choco Lava yang telah siap dikonsumsi

Kegiatan Cooking Class yang dipandu oleh masing-masing walas ini diakhiri dengan menikmati makanan dan minuman yang sudah dibuat dan juga melakukan sharing time bersama teman sekelas dan walas. Siswa menyampaikan kesan-kesan kegiatan cooking class tahun ini. Beberapa siswa juga menyampaikan harapan untuk kegiatan cooking class berikutnya. Mereka sangat senang karena meskipun daring, tapi kegiatan ini dapat berjalan dengan menyenangkan dan tidak membosankan. Hal tersebut membuat mereka sangat tidak sabar untuk mengikuti kegiatan ini di tahun berikutnya. (Penulis Tim Sosial Media SD Yasporbi III)

You may also like

Leave a Comment