News Flash Education
Home Berita Berani Menjadi Pemimpin

Berani Menjadi Pemimpin

August 15, 2022 0 comment

Jakarta, SD Yasporbi I, Siapakah Leader itu? Jika ditanya demikian, jawaban yang tepat ialah “Everyone is a Leader”. Semua orang tentunya memiliki kewajiban memimpin dirinya dan kondisi di sekitarnya. Seberapa penting peran Leader? Peran Leader itu sangat penting. Seorang pemimpin yang baik adalah ia yang dapat menjadi contoh serta memiliki inisiatif yang tinggi untuk membantu orang-orang di sekitarnya.

Di dalam struktur kepengurusan kelas, biasanya terdapat beberapa orang dengan tugas dan peran masing-masing, seperti ketua kelas, wakil ketua, sekretaris, bendahara, seksi kebersihan, seksi keamanan, dan lain sebagainya. Peran ini yang membantu pelaksanaan pembelajaran di kelas berjalan dengan tertib dan lancar.

Pada hari Kamis, 14 Juli 2022 saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), seluruh siswa-siswi kelas 6 berpartisipasi dalam menentukan pemilihan pemimpin kelasnya masing-masing. Pelaksanaan pemilihan ini dilaksanakan secara musyawarah dan juga voting. Para siswa antusias mengikuti kegiatan ini. Salutnya dari anak-anak kelas 6 ini adalah ketika dilaksanakan pemilihan pemimpin, banyak siswa dengan inisiatifnya mau mencalonkan dirinya menjadi pemimpin. Mereka tidak ragu, justru bangga dan berani menunjuk dirinya sendiri.

Pemilihan para calon pemimpin berjalan sangat seru. Ketika sudah terseleksi calon-calon ketua kelas, mereka menyampaikan visi dan misi masing-masing. Kemudian siswa lainnya kembali memilih salah satu yang terbaik di antara siswa terbaik lainnya. Setelah menemukan ketua kelas dan wakil ketua, dilanjutkan dengan pemilihan pemimpin dari beberapa seksi kegiatan kelas. Para siswa mulai mengajukan diri masing-masing dan menentukan pemimpin dengan cara musyawarah bersama. Siswa yang terpilih menjadi pemimpin kelas siap melaksanakan tanggung jawabnya dan hasil pemilihan pemimpin ini diterima dengan baik oleh seluruh siswa. Berdasarkan kegiatan tersebut, siswa kelas 6 telah belajar dan menerapkan prinsip musyawarah dengan baik. Selain itu, mereka juga menunjukkan menjadi siswa yang proaktif di kelas.

You may also like

Leave a Comment