News Flash Education
Home Berita AKREDITASI TK YASPORBI I PANCORAN : SEBUAH REFLEKSI YANG BERMAKNA BAGI GURU DAN WARGA SEKOLAH

AKREDITASI TK YASPORBI I PANCORAN : SEBUAH REFLEKSI YANG BERMAKNA BAGI GURU DAN WARGA SEKOLAH

January 17, 2022 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I, Akreditasi bagi kami adalah ajang refleksi, baik sebagai pendidik juga sebagai warga sekolah yang bertanggung jawab memberikan pembelajaran bermakna untuk anak – anak. Refleksi yang sangat mendalam mulai dari bagaimana kami harus memotivasi anak, memberikan umpan balik juga menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak. Kami merasa “terhenyak” ketika butir penilaian akreditasi begitu sangat detail dalam menganalisis perkembangan anak. Apakah Lembaga kami sudah sesuai dengan alur pemetaan mutu untuk anak – anak?

Akreditasi di tahun 2021 ini lebih focus pada bagaimana Pembelajaran Jarak Jauh di gelar di sekolah  khususnya Sekolah Taman Kanak – Kanak ( TK ). Bagaimana guru menyiapkan media pembelajaran, memberikan pembelajaran hingga bagaimana cara guru memberikan umpan balik untuk anak termasuk dalam butir penilaian akreditasi. Apalagi disaat PJJ, menjaga “mood dan motivasi anak TK” menjadi satu keharusan.

Kami diberikan waktu kurang lebih tiga hari untuk menyiapkan akreditasi online. Segera kami berkoordinasi dengan Manajemen Yayasan Yasporbi, Komite sekolah TK Yasporbi, Unit kerja sekolah Yasporbi serta assessor akreditasi dari BAN PAUD. Kami mengumpulkan file video, foto dan dokumen sekolah untuk persiapan visitasi online. Meskipun akreditasi dilaksanakan secara online namun kami tetap mengadakan “School Tour” untuk melihat sejauh mana sarana dan prasaran sekolah kami.

Kegiatan visitasi online diadakan pada hari Kamis, 16 September 2021 mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Kami menjawab pertanyaan assessor sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan di TK Yasporbi I Pancoran. Meskipun masa PJJ namun kegiatan anak – anak tidak ada yang berubah secara signifikan namun justru dialihkan dengan kegiatan sesuai dengan masa pandemic, contohnya adalah story telling virtual, field trip virtual, cooking class virtual dll.  Dan Alhamdulillah hasil akreditasi TK Yasporbi I mendapat nilai A. (Penulis: Dieni Savitri)

You may also like

Leave a Comment