News Flash Education
Home Berita 5 GURU SMA YASPORBI LOLOS MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN 2021

5 GURU SMA YASPORBI LOLOS MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN 2021

September 14, 2021 0 comment

Jakarta, SMA Yasporbi, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah program yang dilaksanakan oleh pemerintah guna mempersiapkan lulusan S1 Pendidikan dan DIV Non pendidikan yang telah menjadi guru disatuan pendidikan untuk menguasai kompetensi guru seutuhnya yang berstandar nasional.

PPG merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidik/kualifikasi khususnya seorang guru melalui program pendidikan profesi guru. Tujuan pemerintah menyelenggarakan program profesi guru sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Pasal 3 yaitu calon guru akan memiliki keahlian dan kemampuan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sedangkan tujuan lain yang tercantum pada Permendiknas No 8 Tahun 2009 Pasal 2 ialah:

Untuk lolos mengikuti pendidikan profesi guru dalam jabatan , Tenaga pendidik disatuan pendidikan harus memenuhi kriteria dan persyaratan administrasi yang telah ditentukan, diantaranya adalah terdaftar dalam Dapodik dan telah melaksanakan pengabdian sekurang-kurangnya 5 tahun disatuan pendidikan, lulus uji kompetensi guru dengan kriteria yang ditentukan Kemdikbud dan memiliki linieritas dengan studi yang diajarkan. Persaingan untuk lolos mengikuti pendidikan profesi guru cukup ketat karena banyaknya guru yang terdaftar di Dapodik yang belum memiliki sertifikat pendidik sedangkan kuota yang tersedia setiap tahunnya belum cukup untuk memenuhi seluruh peserta guru yang terdaftar, sehingga dilaksanakan seleksi yang ketat bahkan sampai menunggu bertahun-tahun untuk dapat lolos dan mendapatkan kesempatan PPG Daljab 2021.

Tahun 2021, 5 Guru/Tenaga Pendidik SMA Yasporbi lolos rangkaian tahapan tersebut untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru, diantaranya Robi Kurniawan Bidang Studi PPKn ( Universitas Muhammdiyah Mataram) Hesti Dwi Prihastuti Bidang Studi Sejarah ( Universitas Muhammadiyah Metro Lampung ), Taufiq Qurohman Bidang Studi Fisika ( Universitas Sriwijaya Palembang ) Akhmad Nasrullah Bidang Studi Bahasa Inggris, (Universitas Negeri Surabaya ) dan Nalendra Setyatama (Tahap menunggu LPTK yang ditetapkan oleh Kemdikbud ) dengan mengikuti PPG, akan menghasilkan guru yang mempunyai kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, serta menilai sebuah pembelajaran. Meningkatkan kompetensi guru, artinya akan mampu meningkatkan kualitas belajar disatuan pendidikan untuk memberikan pelayanan pengajaran secara baik. (Penulis: Tim Media Sosial SMA Yasporbi)

You may also like

Leave a Comment