News Flash Education
Home Article 3 HAL PENTING YANG HARUS DIPERSIAPKAN OLEH GURU TK SEBELUM MENGAJAR SETIAP PAGI

3 HAL PENTING YANG HARUS DIPERSIAPKAN OLEH GURU TK SEBELUM MENGAJAR SETIAP PAGI

March 29, 2022 0 comment

Jakarta, TK Yasporbi I, Menjadi guru Taman Kanak-Kanak bukan hal yang mudah meskipun sekolah Taman Kanak-Kanak ( TK ) adalah sekolah untuk anak-anak usia dini. Usia anak mulai dari 3 sampai 6 tahun. Sekilas orang akan berpikir bahwa mengajar di sekolah TK adalah cukup dengan bermain. Namun dibalik “jargon” tersebut, mengajar anak-anak usia dini adalah saatnya menanamkan fondasi kehidupan kepada anak.

Disamping itu pula, anak-anak usia dini sedang dalam masa ingin mencoba dan mengenal sesuatu. Mereka bisa sangat aktif dan curious. Oleh karena itu, guru-guru TK harus mampu mengakomodir dan menjadi teman yang baik dalam menemani anak-anak pada fase ini. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru TK sebelum beraktivitas bersama anak-anak setiap harinya.

  1. SARAPAN

Sarapan harus dilakukan oleh guru TK sebelum mulai beraktivitas. Sarapan menjadi tenaga awal untuk bermain bersama anak-anak. Ingat, energy anak-anak usia dini itu sangat luar biasa. Mereka senang melompat, berlari juga menaiki permainan di play ground sekolah. Jadi, guru pun harus bersiap dengan aktivitas-aktivitas anak tersebut. Guru TK tidak boleh hanya duduk diam memperhatikan anak. Guru TK harus energik dalam menemani anak.

2. MENGESAMPINGKAN PERMASALAHAN YANG TENGAH DIHADAPI

Ketika guru TK sudah berada di sekolah berarti harus sudah fokus dengan anak-anak murid. Apa pun permasalahan yang tengah dihadapi harus dikesampingkan sementara. Jangan sekali-kali membawa permasalahan ke dunia anak-anak karena anak-anak harus mendapatkan energi positif dari gurunya. Itulah kenapa guru TK harus mampu memahami anak dan harus professional.

3. MENGUASAI RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) PERHARINYA.

Ketika guru sudah berada di sekolah berarti guru sudah harus mengetahui secara komprehensif kegiatan hari itu mulai dari materi, aktivitasnya seperti apa, refleksi dan feedback untuk anak. Guru TK juga harus sudah mempersiapkan media pembelajaran harian jauh-jauh hari. Bahkan guru TK harus sudah tahu perkiraan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari anak. Artinya guru TK harus mampu melakukan brainstorming dari materi yang akan disampaikannya.

(Penulis: Tim Media Sosial TK Yasporbi I)

You may also like

Leave a Comment